Kompas.com - 25/06/2022, 14:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mouthwash atau obat kumur memang bermanfaat untuk kesehatan gigi dan mulut. Akan tetapi, manfaat mouthwash juga dapat dirasakan oleh tanaman Anda di rumah.

Dilansir Balcony Garden Web, Sabtu (25/6/2022), sejauh ini tidak ada bukti atau laporan yang menunjukkan bahwa mouthwash atau obat kumur dapat menjadi racun bagi tanaman. Sebaliknya, ada penggunaan obat kumur yang bermanfaat bagi tanaman.

Misalnya, Anda dapat menggunakan mouthwash pada tanaman anggrek yang menderita infeksi bakteri dan busuk tajuk. Semprotkan obat kumur murni langsung pada bagian yang terinfeksi.

Baca juga: Ide Mendekorasi dan Memilih Jenis Tanaman yang Tepat untuk Dapur

Ilustrasi penggunaan mouthwash atau cairan kumur. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi penggunaan mouthwash atau cairan kumur.

Selain itu, penyemprotan mouthwash pada bunga mawar yang terkena bintik hitam membantu mengendalikan penyakit jamur.

Berikut beberapa manfaat mouthwash untuk tanaman dan cara menggunakannya.

1. Mengatasi embun tepung dan penyakit jamur lainnya

Obat kumur memiliki sifat antijamur yang kuat. Ini dapat digunakan untuk menghilangkan jamur bubuk dan infeksi jamur lainnya dari tanaman.

Cara menggunakannya, campurkan 75 persen air dan 25 persen obat kumur untuk membuat larutan yang berfungsi dan semprotkan pada bagian yang terinfeksi.

Baca juga: 6 Cara Membuat Tanaman Sirih Gading Lebih Rimbun

2. Mencegah anjing dan kucing mengencingi tanaman hias

Kebanyakan kucing memiliki kebiasaan mengencingi furnitur, sudut ruangan, atau di dekat tanaman. Anda bisa menggunakan obat kumur untuk menghentikan masalah buang air kecil yang tidak tepat.

Yang perlu Anda lakukan adalah mencampur air dan obat kumur dalam proporsi yang sama atau gunakan obat kumur murni dan semprotkan di tempat kencing kucing.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.