Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Menghemat Listrik di Rumah, Jaga Bumi dan Hemat Pengeluaran

Kompas.com - 18/04/2024, 10:17 WIB
Sasha Andini,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Eco Advice

JAKARTA, KOMPAS.com - Menghemat penggunaan energi atau listrik di rumah memberikan sejumlah keuntungan, seperti mengurangi biaya tagihan listrik.

Selain itu, menghemat energi dapat menjaga bumi dan kelangsungan hidup serta memerangi perubahan iklim. 

Baca juga: 8 Perbaikan Rumah yang Dapat Menghemat Energi dan Tagihan Listik

Menghemat  listrik ini dapat dimulai dari rumah dan mudah dilakukan melalui hal-hal kecil, yang pada akhirnya bisa menjadi kebiasaan baik sekaligus menghemat pengeluaran belanja. 

Tak hanya itu, berinvestasi pada peralatan dan teknologi yang menggunakan lebih sedikit energi juga dapat menghemat uang dalam jangka panjang.

Dilansir dari Eco Advice, Kamis (18/4/2024), berikut sejumlah cara menghemat listrik di rumah.

Gunakan lampu LED 

Ilustrasi lampu LED emergency.SHUTTERSTOCK/MAGNETIC MCC Ilustrasi lampu LED emergency.
Bola lampu LED menggunakan energi hingga 85 persen lebih sedikit, lebih baik untuk kesehatan, serta ramah lingkungan dibanding lampu pijar biasa.

Hal itu berarti akan menghemat uang seiring berjalannya waktu. Namun, lampu LED memiliki harga yang mahal ketika pertama kali membelinya, tapi ini sebanding dengan manfaat yang diberikan. 

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Teko Listrik agar Bebas Jamur dan Tampak Baru

Mencabut peralatan eletronik saat tidak digunakan

Selanjutnya, cara menghemat listrik di rumah adalah mencabut peralatan elektronik saat tidak digunakan, seperti charger ponsel, televisi (TV), dan barang elektronik lainnya.

Meminimalkan penggunaan perangkat yang memakan banyak energi, seperti AC atau pemanas, juga dapat memberikan perbedaan besar dalam mengurangi konsumsi listrik. 

Jangan membiarkan peralatan elektonik tetap tercolok ke stopkontak karena ini tetap menggunakan listrik tanpa memakainya. Hal ini berlaku terutama saat Anda pergi berlibur atau berada jauh dari rumah dalam waktu lama,

Memanfaatkan energi matahari

Memanfaatkan energi matahari semakin populer untuk memastikan penggunaan energi di rumah berjalan secara efisien tanpa berdampak signifikan terhadap lingkungan.

Memasang panel surya atau menggunakan kompor tenaga surya adalah cara terbaik memanfaatkan sumber daya terbarukan dan ramah lingkungan ini.

Energi matahari telah lama digunakan untuk mengeringan pakaian. Anda bisa mencoba melakukannya daripada menggunakan mesin pengering yang bisa memakan banyak energi.  

Baca juga: 7 Peralatan Elektronik di Rumah yang Paling Boros Listrik

Pilih peralatan elektronik dengan watt rendah 

Ilustrasi meteran listrik. Shutterstock/MEE KO DONG Ilustrasi meteran listrik.

Cara menghemat listrik di rumah lainnya adalah memilih peralatan elektronik dengan watt rendah, seperti kompor, kulkas, mesin cuci, dan mesin pengering.

Pilih peralatan elektronik dengan peringkat efisiensi lebih tinggi, seperti A+ atau lebih, karena peralatan ini menggunakan watt per jam lebih sedikit dari model tradisional sehingga dapat menghemat biaya dalam jangka panjang.

Manfaatkan pencahayaan alami

Biarkan gorden atau kerai tetap terbuka pada siang hari untuk memperoleh banyak sinar matahari masuk ke rumah memberi penerangan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com