Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Cara Menghemat Listrik di Rumah, Jaga Bumi dan Hemat Pengeluaran

Selain itu, menghemat energi dapat menjaga bumi dan kelangsungan hidup serta memerangi perubahan iklim. 

Menghemat  listrik ini dapat dimulai dari rumah dan mudah dilakukan melalui hal-hal kecil, yang pada akhirnya bisa menjadi kebiasaan baik sekaligus menghemat pengeluaran belanja. 

Tak hanya itu, berinvestasi pada peralatan dan teknologi yang menggunakan lebih sedikit energi juga dapat menghemat uang dalam jangka panjang.

Dilansir dari Eco Advice, Kamis (18/4/2024), berikut sejumlah cara menghemat listrik di rumah.

Mencabut peralatan eletronik saat tidak digunakan

Selanjutnya, cara menghemat listrik di rumah adalah mencabut peralatan elektronik saat tidak digunakan, seperti charger ponsel, televisi (TV), dan barang elektronik lainnya.

Meminimalkan penggunaan perangkat yang memakan banyak energi, seperti AC atau pemanas, juga dapat memberikan perbedaan besar dalam mengurangi konsumsi listrik. 

Jangan membiarkan peralatan elektonik tetap tercolok ke stopkontak karena ini tetap menggunakan listrik tanpa memakainya. Hal ini berlaku terutama saat Anda pergi berlibur atau berada jauh dari rumah dalam waktu lama,

Memanfaatkan energi matahari

Memanfaatkan energi matahari semakin populer untuk memastikan penggunaan energi di rumah berjalan secara efisien tanpa berdampak signifikan terhadap lingkungan.

Memasang panel surya atau menggunakan kompor tenaga surya adalah cara terbaik memanfaatkan sumber daya terbarukan dan ramah lingkungan ini.

Energi matahari telah lama digunakan untuk mengeringan pakaian. Anda bisa mencoba melakukannya daripada menggunakan mesin pengering yang bisa memakan banyak energi.  

Cara menghemat listrik di rumah lainnya adalah memilih peralatan elektronik dengan watt rendah, seperti kompor, kulkas, mesin cuci, dan mesin pengering.

Pilih peralatan elektronik dengan peringkat efisiensi lebih tinggi, seperti A+ atau lebih, karena peralatan ini menggunakan watt per jam lebih sedikit dari model tradisional sehingga dapat menghemat biaya dalam jangka panjang.

Manfaatkan pencahayaan alami

Biarkan gorden atau kerai tetap terbuka pada siang hari untuk memperoleh banyak sinar matahari masuk ke rumah memberi penerangan.

Hal ini dapat membuat Anda tidak perlu menyalakan lampu pada siang hari sehingga bisa mengurangi biaya tagihan listrik. 

Gunakan smart power strip atau timer 

Menggunakan strip daya atau pengatur waktu pintar juga bisa menjadi cara menghemat listrik di rumah. 

Strip daya ini memungkinkan Anda menyetel waktu tertentu untuk menghidupkan atau mematikan berbagai perangkat elektronik dari jarak jauh.

Perangkat ini juga berguna untuk peralatan yang mengonsumsi daya listrik dalam jumlah besar, seperti pemanas, mesin pencuci piring, dan mesin cuci, karena dapat mati secara otomatis setelah tugas selesai. 

Artinya, tidak ada lagi mode siaga yang membuang-buang listrik secara tidak perlu. 

Tutup kebocoran udara

Kebocoran udara dapat membiarkan udara panas atau dingin masuk, membuat sistem pemanas dan AC bekerja lebih keras mendingin atau menghangatkan ruangan, yang akhirnya meningkatkan tagihan listrik.

Maka itu, segera menutup kebocoran udara di rumah menggunakan dempul atau pelapis cuaca di sekitar kusen jendela serta pintu untuk mencegah angin masuk.

Menanam pohon 

Terakhir, cara menghemat listrik di rumah adalah menanam pohon di sekitar hunia,n, seperti halaman rumah dan taman.

Pohon ini dapat memberikan keteduhan dan pendinginan selama musim panas. Keteduhan yang diberikan pepohonan ini juga dapat membantu menurunkan suhu rumah, mengurangi kebutuhan AC, serta menghemat energi.

https://www.kompas.com/homey/read/2024/04/18/101700476/8-cara-menghemat-listrik-di-rumah-jaga-bumi-dan-hemat-pengeluaran

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke