Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menghemat Tagihan Listrik di Rumah, Hemat Uang dan Jaga Bumi

Kompas.com - 03/09/2023, 08:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Listrik atau energi telah menjadi kebutuhan penting saat ini di hampir semua bidang kehidupan, termasuk di rumah

Kehadiran listrik juga memudahkan semua pekerjaan rumah tangga. Pasalnya, hampir semua peralatan rumah tangga menggunakan tenaga listrik, di antaranya kulkas, mesin cuci, rice cooker, setrika, kompor listrik, vacuum cleaner, oven, dan AC.  

Baca juga: Suhu AC yang Ideal dan Hemat Listrik Saat Cuaca Panas

Tanpa listrik, semua peralatan elektronik rumah tangga ini tidak dapat bekerja, yang akhirnya membuat pekerjaan rumah terhambat, bahkan terbengkalai. 

Walau beberapa pekerjaan rumah tangga bisa dilakukan tanpa listrik, tentu ini akan menguras waktu, tenaga, serta sangat melelahkan. 

Di sisi lain, menggunakan energi terlalu besar dan terus-menerus di rumah, dapat membuat tagihan listrik melonjak. 

Namun, tak perlu berputus asa. Ada beberapa solusi cepat dan mudah yang dapat membantu menghemat energi dan biaya tagihan listrik serta menjaga bumi. 

Menurut Department of Energy atau Departemen Energi Amerika Serikat, sebagian besar pemilik rumah dapat menghemat lima hingga 30 persen tagihan listrik dengan melakukan perubahan kecil dan peningkatan di sekitar rumah.

Nah, berikut sejumlah cara menghemat tagihan listrik di rumah setiap bulan dikutip dari Hunker, Minggu (3/9/2023). 

Baca juga: AC Portable Vs Air Cooler, Mana yang Terbaik Digunakan di Rumah?

Jalankan AC seperlunya

Ilustrasi AC.Shutterstock/Butsaya Ilustrasi AC.
Cobalah menjalankan AC sesedikit mungkin atau seperlunya. Mengapa? Karena AC konvensional hanya menggunakan listrik.

Penggunaan listrik itu mahal, terutama pada cuaca panas, ketika semua orang juga menjalankan AC mereka dan menyebabkan jaringan listrik kelebihan beban.

Karena alasan ini, sebagian besar perusahaan listrik mengenakan biaya tambahan untuk listrik selama jam-jam sibuk pada cuaca panas atau musim kemarau. 

Hal ini dapat menambah tagihan listrik secara signifikan jika Anda tidak berhati-hati.

Pada saat bersamaan, ada banyak cara lebih murah mendinginkan rumah sehingga dapat mengurangi penggunaan AC, seperti menggunakan kipas angin atau air cooler, membuka jendela, meletakkan tanaman hias di dalam rumah.   

Baca juga: 5 Pembaruan Dapur Ramah Lingkungan yang Dapat Menghemat Listrik

Matikan kipas angin plafon

Selanjutnya, cara menghemat tagihan listrik adalah mematikan kipas angin plafon. Kipas angin plafon sangat bagus dan merupakan salah satu cara termurah membuat Anda tetap sejuk, tapi tidak membuat ruangan tetap dingin.

Kipas angin bekerja dengan meniupkan udara ke kulit Anda, membantunya melepaskan panas tubuh. Menjalankan kipas angin plafon di ruangan yang kosong sebenarnya akan meningkatkan suhu panas sedikit karena gesekan motor dan hambatan listrik pada kabel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com