Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Penyebab Kucing Kencing Sembarangan di Rumah dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 15/04/2024, 08:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Best Life

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti diketahui semua pemilik kucing, bau urine atau kencing kucing sulit dihilangkan. 

Hal ini pun menjadi masalah ketika kucing peliharaan kencing di luar kotak pasirnya, seperti lantai rumah, sofa, dan furnitur. 

Baca juga: 5 Tanda Kucing Dehidrasi yang Tidak Boleh Diabaikan, Bisa Bikin Sakit

Bahkan, saat berhasil kencing sembarangan, kemungkinan besar sahabat bulu akan tertarik kembali melakukannya di tempat yang sama. 

Sering dikatakan bahwa kucing kencing sembarangan saat marah pada pemiliknya. Mungkin Anda sibuk bekerja dan tidak lagi mengajaknya bermain atau mungkin Anda memiliki bayi baru yang mendapatkan semua perhatian.

Namun, meski hewan tentu saja merasakan stres dan kesedihan, kemarahan bukan penyebab utama kucing kencing sembarangan.

Nah, dilansir dari Best Life Online, Senin (15/4/2024, berikut sejumlah penyebab kucing kencing sembarangan di rumah dan cara mengatasi perilaku ini. 

Baca juga: Penyebab Kucing Tidak Mau Minum dan Cara Mengatasinya

Stres

Ilustrasi kotak pasir kucing.Shutterstock/Axel Bueckert Ilustrasi kotak pasir kucing.
Seperti telah disebutkan, kucing dapat merasakan emosi. Namun, buang air kecil di luar kotak pasir jarang dilakukan untuk memberi Anda pelajaran, seperti yang umumnya diasumsikan.

Biasanya, penyebab kucing kencing sembarangan di rumah karena merasa stres. Sama dengan manusia, kucing mengembangkan kebiasaan gugup.

Melissa M. Brock,  dokter hewan bersertifikat dan penulis di Pango Pets, menjelaskan kucing adalah hewan yang sensitif dan mudah stres akibat perubahan lingkungannya. 

Hal-hal, seperti pindah rumah serta memperkenalkan hewan peliharaan atau perabot baru, dapat menyebabkan kucing merasa bingung, bahkan terancam sesuatu yang pernah sahabat bulu danggap "normal".

Hal ini terutama terjadi pada kotak pasir kucing karena tampaknya seperti hal sederhana, tetapi sebenarnya ini adalah masalah besar bagi beberapa kucing. 

Menurut Mikel Maria Delgado, PhD, pakar perilaku kucing dari Rover, setelah melihat kucing kencing sembarangan, segera mengkaji apakah kebutuhan emosionalnya terpenuhi

Apakah kucing memiliki tempat yang aman? Apakah kucing bergaul dengan hewan lain di rumah?

Apakah kucing memiliki tempat menggaruk dan benda-benda yang membuatnya sibuk,  seperti teka-teki makanan, tempat bertengger, dan mainan?

Terkadang, hal yang diperlukan untuk mengembalikan kucing kencing di kotak pasirnya adalah sedikit cinta dan perhatian ekstra. 

Baca juga: 8 Alasan Kucing Terus Mengeong, dari Lapar hingga Kesepian

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com