Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini 4 Tanaman yang Dapat Ditanam di Depan Pintu Rumah

Kompas.com - 08/04/2024, 21:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Livingetc

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias akan membuat tampilan rumah terlihat lebih cantik dan menarik. Tanaman hias bisa ditempatkan dimana saja, termasuk area depan pintu rumah. 

Menghadirkan tanaman hijau di depan rumah membuat suasana rumah terasa lebih segar dan nyaman. Lee Turner, direktur di Turner Road Architects, mengatakan tanaman yang ditempatkan di depan pintu bisa mengatur suasana seluruh rumah. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Bisa Diletakkan di Depan Pintu Menurut Feng Shui

Akan tetapi, saat hendak menanam tanaman hias di rumah, pastikan untuk mempertimbangkan syarat tumbuh tanaman. 

Pilihan tanaman hias yang bisa ditanam di depan pintu rumah sangat beragam. Dikutip dari Livingetc, Senin (8/4/2024), berikut tanaman yang dapat ditanam di depan pintu rumah

Lavender

Ilustrasi bunga lavenderUnsplash/Joice Toh Ilustrasi bunga lavender

Siapa sangka jika lavender ternyata bisa ditanam di depan pintu. Lavender bisa ditanam membentuk lorong dengan jalan setapak mengarah ke pintu masuk rumah. 

Warna cerah lavender membuat tampilan depan rumah terlihat cantik dan menarik. Tak hanya itu, lavender juga memiliki aroma yang menyenangkan.

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Rumah dengan Warna Lavender

Bahkan, aroma tersebut bisa mengundang hewan penyerbuk bermanfaat seperti lebah dan kupu-kupu. 

Aroma harum yang dikeluarkan juga tidak disukai nyamuk. Oleh dari itu, dengan menanam lavender di depan pintu, maka rumah akan terhindar dari serangan nyamuk. 

Pohon zaitun

Selanjutnya, tanaman yang dapat ditanam di depan pintu rumah yaitu pohon zaitun. Pohon ini bisa ditanam di pot terakota dan ditempatkan di pintu masuk. 

Menanam pohon zaitun di pot terakota akan memberikan tampilan taman Mediterania yang cantik dan menarik. 

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Cocok Ditanam di Teras Rumah

Petunia

Jika ingin membuat pintu masuk lebih berwarna, maka salah satu caranya yaitu dengan menanam bunga petunia di depan pintu. 

Kate Gould, seorang desainer lanskap, menyarankan untuk menanam petunia di keranjang gantung, sehingga tanaman akan tumbuh menjuntai ke bawah. 

Tony O’Neil, seorang pakar dan penulis berkebun, mengatakan petunia akan menghadirkan warna beragam di depan pintu rumah. Perawatan tanaman ini relatif minim, dan tahan terhadap berbagai kondisi tanah. 

Namun, perawatan yang rutin akan membuat tanaman ini mekar dengan maksimal sepanjang musim kemarau. 

Baca juga: Tips Menanam dan Merawat Bunga Petunia

Ilustrasi bunga hydrangea.Shutterstock/Jordan Feeg Ilustrasi bunga hydrangea.

Hydrangea

Terakhir, tanaman yang dapat ditanam di depan pintu rumah yaitu hydrangea. Tanaman ini cocok dipajang di depan pintu karena bunganya besar, sehingga saat mekar akan terlihat mencolok. 

Bunga bunga hydrangea juga memiliki warna yang beragam mulai dari merah jambu, biru, hingga putih bersih, sehingga menanam beberapa jenis hydrangea bersamaan bisa membuat pintu rumah terlihat lebih cantik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com