Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Aroma yang Tidak Disukai Ular, Dijamin Enggak Muncul di Rumah

Kompas.com - 04/04/2024, 07:15 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Best Life

JAKARTA, KOMPAS.com - Ular merupakan salah satu jenis reptil yang paling ditakuti manusia karena memiliki kemampuan melumpuhkan manusia dengan bisa atau racun yang dimilikinya.

Sayangnya, ular memiliki tubuh yang lentur dan panjang sehingga dapat merayap dengan cepat mengakses tempat-tempat yang sulit dijangkau, termasuk ke dalam rumah Anda. 

Baca juga: 7 Tanaman Pengusir Ular yang Dapat Ditanam di Halaman Rumah

Terlebih jika ada serangga dan hewan pengerat di rumah, seperti tikus, kelelawar, dan kadal,  ular dapat dengan mudah mencium aroma hewan yang akan menjadi mangsanya itu.  

AH David, pakar ular dan pendiri Pest Control Weekly—sebuah situs web yang berfokus pada pencegahan hama jangka panjang—mengatakan meski tidak memiliki indra penciuman seperti mamalia, ular dapat mendeteksi bahan kimia di lingkungan melalui proses yang disebut kemoresepsi. 

Jadi, menurut para ahli, produk pengusir ular kurang efektif mengusir ular dari rumah. Mereka lebih menyarankan menggunakan bahan alami di rumah yang memiliki aroma yang dibenci ular.

Dikutip dari Best Life, Kamis, (4/4/2024), berikut sejumlah aroma yang tidak disukai ular sehingga efektif mengusirnya dari rumah. 

Baca juga: Catat, Ini 8 Tempat Masuknya Ular ke Rumah yang Perlu Diwaspadai

Kayu manis atau cengkeh

Ilustrasi apakah kayu manis bisa menurunkan gula darah?iStockphoto/Milan Krasula Ilustrasi apakah kayu manis bisa menurunkan gula darah?
Menurut para ahli, aroma kayu manis atau cengkeh yang biasanya menjadi aroma penggugah rasa pada makanan, memiliki efek sebaliknya pada ular.

Sholom Rosenbloom, pemilik Rosenbloom Pest Control, mengatakan ular memiliki indra penciuman kuat untuk mencari makanan yang mudah dijangkau.

Karena itu, Anda dapat memanfaatkan sifat penciuman ular ini menggunakan aroma kayu manis dan cengkahyang tidak disukai ular.

Selain itu, penelitian menunjukkan minyak kayu manis dan cengkeh efektif dalam mengusir spesies tertentu, seperti ular pohon coklat.

Namun, jika berencana menggunakan wewangian ini untuk mengusir ular, pastikan hanya digunakan di area yang tidak dapat diakses hewan peliharaan. 

Baca juga: 7 Tanda Ular Masuk ke Rumah dan Cara Membasminya

Cuka

Selanjutnya, aroma yang tidak disukai ular adalah cuka. Menurut Jennifer Mecham, pakar ular dan penulis Reptiles Blog, cuka adalah pilihan terbaik untuk mengusir ular dari rumah. 

Hal ini karena cuka adalah zat asam dan ular sangat sensitif terhadap zat asam. Ular akan menghindari area yang memiliki sedikit asam, seperti tanah yang diberi cuka.

Jeruk

Jeruk dan kopi sebaiknya tak dikonsumsi bersamaan karena bisa memicu asam lambung.Shutterstock/Nitr Jeruk dan kopi sebaiknya tak dikonsumsi bersamaan karena bisa memicu asam lambung.
Mecham mengatakan jeruk juga menjadi aroma yang sering digunakan untuk mengusir ular. Jeruk, lemon, dan jeruk limau gedang mengandung senyawa kimia yang disebut limonene, yang secara alami dapat mengusir ular dari rumah.

Untuk mengusir ular dengan jeruk, taruh beberapa potongan buah jeruk di sekitar rumah atau menggosokkan kulitnya di sekitar pintu dan jendela yang menjadi celah ular masuk ke rumah sehingga bisa mencegahnya.  

Baca juga: Cara Mengusir Ular dari Halaman Rumah dengan Aman

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com