Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Pemanggang Roti dengan Mudah dan Cepat

Kompas.com - 30/03/2024, 19:25 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemanggang roti merupakan salah satu alat masak elektronik yang perlu rutin dibersihkan.

Sebab, di dalam pemanggang roti biasanya terdapat remah-remah sisa roti yang berpotensi menjadi penyebab kebakaran jika tidak segera dibersihkan. 

Baca juga: Panduan Cara Membersihkan Oven Pemanggang Roti

Selain itu, remah-remah yang terbakar juga bisa terhirup dan menyebabkan masalah pada kesehatan. Pemanggang roti yang kotor juga bisa menjadi sarang bakteri dan serangga, sehingga saat digunakan untuk memanggang, roti menjadi tidak enak dan tidak terpanggang dengan merata. 

Sama seperti perawatan alat memasak lain, cara membersihkan pemanggang roti juga tidak sulit. Dilansir Reader’s Digest, Sabtu (30/3/2024), simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

Seberapa sering alat pemanggang roti perlu dibersihkan?

ilustrasi membersihkan alat pemanggang rotiShutterstock/Kamil Macniak ilustrasi membersihkan alat pemanggang roti

Jika alat pemanggang roti digunakan setiap hari, maka bersihkan alat ini setidaknya seminggu sekali. Apabila melihat adanya tumpukan remah-remah roti, segeralah untuk melakukan pembersihan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Pemanggang Roti Secara Menyeluruh

Remah-remah tersebut bisa menimbulkan aroma tak sedap dan menjadi tempat pertumbuhan bakteri. Tak hanya itu, program manajemen keselamatan kebakaran di new Jersey City University, juga mengatakan penumpukan remahan roti pada elemen pemasang bisa menimbulkan bahaya kebakaran. 

Selain mempengaruhi keamanan, rutin membersihkan pemanggang roti juga membuat alat ini bisa berfungsi dalam waktu yang lebih lama. 

Alat dan bahan untuk membersihkan pemanggang roti

  • Kuas kue
  • Kain mikrofiber
  • Sabun cuci piring yang lembut
  • Spons non-abrasif
  • Bubuk soda kue
  • Tusuk gigi

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Pemanggang Roti Pakai Sikat Gigi

Putuskan aliran listrik di pemanggang roti

Sebelum membersihkan alat pemanggang roti, cabut terlebih dahulu kabel yang menghubungkan alat ini ke sumber listrik. Selain itu, pastikan alat pemanggang dalam kondisi dingin, sehingga lebih aman saat dibersihkan. 

Perlu diingat juga jangan sampai alat pemanggang roti terendam air karena bisa merusak saluran listrik dan menimbulkan risiko kebakaran. 

Bersihkan remahan roti di dalam alat pemanggang

Vera Peterson, presiden Molly Maid, menyarankan untuk membalikkan alat pemanggang di atas tempat sampah agar remahan roti yang tertinggal didalamnya bisa keluar dan terbuang. 

Sementara itu, untuk membersihkan remahan roti yang membandel, gosok dengan kuas kue secara perlahan. Jangan gunakan pisau, gunting, atau pinset karena bisa merusak elemen listrik di dalat ini. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Tepat Membersihkan Pemanggang Roti

Kosongkan dan cuci penampung remah-remah roti

membersihkan alat pemanggang rotiShutterstock/Kamil Macniak membersihkan alat pemanggang roti

Umumnya, pemanggang roti memiliki baki untuk menampung remahan roti. Baki ini bisa dilepas, sehingga bisa dibersihkan dengan mudah. 

Lepaskan baki pada alat pemanggang roti, kemudian cuci menggunakan sabun cuci piring dan air hangat. Lalu, keringkan menggunakan kain mikrofiber sebelum dipasang kembali. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com