Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Dekorasi Ruang Baca yang Cantik dan Nyaman

Kompas.com - 20/02/2024, 18:08 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber My Domaine


JAKARTA, KOMPAS.com - Selain kamar tidur, ruang baca merupakan ruangan di dalam rumah yang harus dibuat senyaman mungkin.

Maka dari itu, dekorasi ruang baca tidak hanya tentang mempercantik tampilan, tetapi juga menciptakan lingkungan yang mendukung konsentrasi dan relaksasi.

Baca juga: 3 Ide Dekorasi Sudut Ruang Baca yang Nyaman dan Menarik

Selain menciptakan lingkungan yang nyaman, dekorasi ruang baca juga membuat suasana ruangan terasa lebih segar dan tidak membosankan.

Dilansir dari My Domaine, Selasa (20/2/2024), berikut beberapa ide dekorasi ruang baca yang bisa menciptakan suasana ideal untuk membaca.

Dekorasi bergaya minimalis

Ilustrasi sudut baca di rumah.Shutterstock/united photo studio Ilustrasi sudut baca di rumah.

Salah satu ide dekorasi ruang baca yang banyak disukai yaitu dekorasi bergaya minimalis. Untuk menghadirkan kesan minimalis, pilihlah furnitur bernuansa modern atau Skandinavia.

Dekorasi minimalis bisa membuat ruang baca terlihat cantik, tanpa mengabaikan ketenangan di ruangan tersebut. Tambahkan karpet dan sofa nyaman untuk membuat ruang baca semakin nyaman dan tenang.

Baca juga: 5 Inspirasi Ruang Baca untuk Anak dan Keluarga

Letakkan karya seni di rak buku

Karya seni seperti lukisan, patung, atau karya seni lainnya juga bisa diletakkan di rak buku. Karya seni akan membuat rak buku terlihat semakin cantik.

Reena Satropa, seorang desainer interior menyarankan untuk meletakkan karya seni dalam kotak built-in berwarna putih untuk memberikan kesan cantik dan menarik.

Tampilkan suasana pedesaan

Pesona pedesaan akan membuat ruang baca lebih estetik, nyaman, dan hangat. Desainer Erin Williamson menyarankan untuk meletakkan kursi goyang sederhana dan karya seni vintage untuk melengkapi tampilan dinding batu kasar.

Letakkan juga rak buku putih bersih dan keranjang Boho untuk memberikan kesan nyaman. Kesan nyaman akan semakin terasa jika ruangan ini memiliki jendela besar, sehingga udara segar dari luar bisa masuk ke dalam ruangan.

Baca juga: 5 Tips Mendekor Ruang Baca yang Nyaman dan Instagramable di Rumah

Susun buku berdasarkan warna

Tampilan rak buku yang rapi juga akan mempengaruhi suasana di ruang baca. Salah satu cara membuat rak buku terlihat rapi yaitu dengan menyusun buku berdasarkan warna.

Teknik menyusun buku berdasarkan warna akan membuat buku menjadi titik fokus di ruangan tersebut. Cara ini juga membuat buku lebih mudah ditemukan.

Pasang wallpaper bermotif buku

Ilustrasi rak buku di rumah.UNSPLASH/ARLINGTON RESEARCH Ilustrasi rak buku di rumah.

Jika ingin menghadirkan suasana ruang buku seperti di perpustakaan, maka salah satu caranya yaitu memasang wallpaper bermotif buku. Wallpaper tersebut akan memberikan ilusi rak tinggi yang penuh dengan buku.

Letakkan kursi atau sofa di sudut ruangan, sehingga memberikan kesan nyaman dan tenang. Jangan lupa untuk menambahkan tanaman hias agar tampilan ruangan lebih segar.

Baca juga: 6 Cara Menata Rak Buku dengan Rapi dan Cantik Menurut Ahli

Cat rak buku dengan warna cerah

Ide dekorasi ruang baca selanjutnya yaitu mengecat rak buku dengan warna cerah. Warna berani akan memberikan kesan unik dan ceria di dalam ruangan.

Warna cerah yang bisa dipilih untuk menghias rak buku, seperti merah muda pastel, hijau sage, maupun biru terang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com