Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jenis Cat Terbaik untuk Mewarnai Rak Buku, Apa Saja?

Kompas.com - 14/02/2024, 15:27 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Rak buku adalah furnitur tambahan yang digunakan untuk menyimpan buku maupun ornamen dekorasi lain.

Rak buku biasanya diletakkan di ruang keluarga maupun ruang kerja. Selain fungsional, rak buku juga bisa membuat ruangan terlihat lebih menarik.

Baca juga: 6 Cara Menata Rak Buku dengan Rapi dan Cantik Menurut Ahli

Maka dari itu, rak buku perlu dibuat secantik mungkin dengan cara di cat. Ada beberapa jenis cat yang cocok untuk mewarnai rak buku.

Dilansir dari Home Decor Bliss, Rabu (14/2/2024), berikut beberapa jenis cat terbaik untuk mewarnai rak buku agar terlihat cantik.

Cat akrilik

Ilustrasi rak buku di rumah.UNSPLASH/PICKAWOOD Ilustrasi rak buku di rumah.

Cat akrilik merupakan salah satu jenis cat yang cocok untuk rak buku kayu. Hal ini karena cat akrilik bisa melekat di permukaan apapun asalkan tidak berminyak atau berlilin.

Selain itu, cat akrilik juga cukup tahan lama, tahan retak, tidak mudah mengelupas, atau menguning.

Baca juga: Ingin Mengecat Lemari Dapur? Ini Jenis Cat Terbaik

Namun, perlu diketahui bahwa biasanya rak buku kayu dilengkapi dengan lapisan pernis. Pernis berguna untuk melindungi kayu, namun banyak juga yang berbahan dasar minyak atau mengandung minyak.

Jika rak buku memiliki lapisan pernis, maka sebaiknya hilangkan terlebih dahulu lapisan pernis tersebut. Apabila pernis tidak dibersihkan, maka cat akrilik tidak akan menempel di permukaan rak tersebut.

Cat berbahan dasar enamel

Jenis cat terbaik lainnya yang cocok untuk menghias rak buku yaitu cat berbahan dasar enamel. Sama seperti akrilik, cat dari bahan enamel juga cocok untuk rak dari kayu.

Cat enamel cukup tahan lama. Cat berbahan dasar enamel akan membuat funitur terlihat mengkilap, sehingga rak yang diwarnai dengan cat ini akan terlihat halus.

Namun, seiring berjalannya waktu, cat cenderung cepat menguning. Selain itu, cat berbahan dasar enamel mengandung bahan kimia yang mengeluarkan aroma menyengat dan bisa menyebabkan iritasi serta sangat mudah terbakar.

Baca juga: 4 Warna Cat Terbaik untuk Ruang Kerja

Cat kapur

Mengaplikasikan cat kapur relatif lebih mudah dibandingkan saat mengaplikasikan cat akrilik dan enamel. Sebelum mengaplikasikan cat akrilik atau enamel, rak perlu diamplas terlebih dahulu.

Sedangkan, jika ingin mengaplikasikan cat kapur, rak buku tidak perlu diamplas terlebih dahulu. Namun, tidak seperti cat akrilik dan enamel, cat kapur tidak terlalu tahan lama.

Untuk meningkatkan daya tahan cat kapur, tambahkan lapisan lilin. Akan tetapi, penambahan lilin seringkali dianggap merepotkan sehingga jarang dilakukan.

Nah, itulah tiga jenis cat terbaik untuk rak buku. Mengaplikasikan cat dengan benar akan membuat rak buku lebih tahan lama dan membuat furnitur ini terlihat cantik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com