Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/02/2024, 09:59 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuman ada di sekitar kita, termasuk rumah. Kuman dapat ditemukan di udara, air, tanah, dan hampir semua permukaan, termasuk tubuh kita.

Kebanyakan kuman tidak terlalu berbahaya bagi manusia dan ada pula yang bermanfaat. Namun, banyak kuman yang dapat menyebabkan infeksi serius, bahkan mematikan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kandang Burung agar Terhindar dari Kuman

Untuk menjaga rumah tetap sehat, penting mengendalikan penyebaran kuman. Namun, terkadang hal-hal yang kita lakukan atau lalai lakukan, memungkinkan kuman berkembang biak di tengah-tengah kita. 

Bahkan meski berusaha menjaga kebersihan rumah, Anda mungkin menyebarkan kuman tanpa disadari. 

Dikutip dari Bobvila, Kamis (15/2/2024), berikut sejumlah hal yang dapat menyebarkan kuman di rumah

Tidak mencuci tangan

Memahami manfaat cuci tangan pakai sabun sangatlah penting karena tidak sekadar membersihkan kotoran.Shutterstock/SATRIA NANGISAN Memahami manfaat cuci tangan pakai sabun sangatlah penting karena tidak sekadar membersihkan kotoran.
Bayangkan semua permukaan yang bersentuhan dengan tangan Anda saat berada di luar rumah, seperti pintu mobil dan setir, meja kantor pos, ban berjalan di toko kelontong.

Sekarang bayangkan kuman dikumpulkan dari semua permukaan tersebut dan menyebarkannya ke seluruh rumah, dari dapur, kamar mandi, hingga bantal kamar tidur.

Itulah yang Anda lakukan jika tidak mencuci tangan begitu berjalan melewati pintu depan. Setiap kali Anda kembali ke rumah, cuci tangan hingga bersih menggunakan air hangat dan sabun setidaknya selama 20 detik. 

Selain itu, cuci tangan setelah menggunakan kamar kecil, memasak, membersihkan dapur, atau memegang barang-barang yang berpotensi mengandung kuman, seperti makanan mentah. 

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Kloset yang Tepat agar Bebas Kuman

Mengabaikan permukaan bersih

Selanjutnya, hal yang dapat menyebarkan kuman di rumah adalah mengabaikan permukaan bersih. Jika meja dapur dibersihkan setiap hari, tapi gagang pintu dan sakelar lampu berdebu, Anda memberi kuman tempat berpijak di rumah.

Permukaan keras, seperti gagang pintu, tarikan laci, kenop, dan sakelar, dapat menjadi sarang virus dan bakteri. Jadi, sering-seringlah membersihkannya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) merekomendasikan penggunaan larutan pemutih dan air atau disinfektan yang disetujui Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA) untuk membunuh bakteri dan virus. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Mencuci Pakaian Bekas agar Bebas Kuman dan Harum

Mengabaikan barang-barang yang dibawa masuk ke rumah 

Ilustrasi alkohol untuk membersihkan rumah.Shutterstock/Nitiphonphat Ilustrasi alkohol untuk membersihkan rumah.
Jika mencuci tangan saat masuk dari luar, itu bagus. Namun, jangan lupa membersihkan barang-barang yang Anda bawa.

Kotak, tas, kemasan makanan, dan bahan lainnya bisa menjadi wahana kuman masuk ke rumah. Jika memungkinkan, buka kemasan dan pindahkan isinya ke wadah baru, lalu buang bahan kemasan luarnya dan cuci tangan setelah selesai.

Apabila tidak dapat membuang kemasannya, cucilah dengan sabun dan air hangat atau bersihkan dengan alkohol atau disinfektan lainnya. 

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Cuci agar Bebas Jamur dan Kuman

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com