Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan dan Mendisinfeksi Kasur agar Bebas Kuman

Kompas.com - 29/04/2023, 15:47 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar dari kita menghabiskan sekitar sepertiga hidup di tempat tidur atau kasur.

Namun, kasur dapat menampung kuman, bakteri, dan makhluk kecil lain. Hal ini tak hatidunya membuat kasur kotor dan tak higienis, tapi juga mengganggu tidur. 

Baca juga: 5 Kesalahan Membersihkan Kasur yang Sebaiknya Dihindari

Bahkan, meski mengganti dan mencuci seprai setiap minggu, kasur masih perlu dibersihkan. Hal ini disebabkan tungau debu, minyak tubuh, keringat, serta kulit mati yang ada pada tubuh bisa berpindah dari seprai ke kasur.

Dengan sedikit usaha, Anda dapat membersihkan dan mendisinfeksi permukaan kasur. Namun, untuk membersihkan bagian dalam kasur, Anda perlu menggunakan pembersih uap. 

Namun, sebagian besar waktu, yang perlu diperhatikan adalah permukaan kasur. Dilansir dari How Stuff Works, Sabtu (29/4/2023), berikut cara membersihkan dan mendisinfeksi kasur. 

Baca juga: Hindari, Ini 5 Kesalahan yang Dapat Memperpendek Usia Kasur

Cara membersihkan kasur

Ilustrasi membersihkan kasur dengan vacuum cleaner, mengeringkan kasur dengan vacuum cleaner. SHUTTERSTOCK/RATCHAT Ilustrasi membersihkan kasur dengan vacuum cleaner, mengeringkan kasur dengan vacuum cleaner.
Sebaiknya, membersihkan kasur di luar ruangan pada hari yang hangat, cerah, dan tidak terlalu lembap. Sebab, siinar matahari akan membantu kasur mengering dan berfungsi sebagai disinfektan alami, membantu membunuh bakteri dengan dosis sinar UV yang baik.

Jika tidak bisa keluar rumah, pilihan terbaik adalah mengosongkan ruang di kamar Anda dan menyandarkan kasur ke dinding di depan jendela yang cerah.

Mulailah membersihkan debu sebanyak mungkin dengan menyapu seluruh permukaan kasur dengan alat pelapis dan alat pembersih celah pada penyedot debu.  

Baca juga: 6 Cara Merawat Kasur agar Tetap Nyaman dan Awet

Untuk membersihkan kasur yang terkena tumpahan air, kencing hewan peliharaan, atau anak yang mengompol, gunakan handuk bersih untuk menyerap cairan sebanyak mungkin sebelum menyedot debu. 

Cara termudah menghilangkan noda adalah menggunakan pembersih karpet dan jok yang diformulasikan untuk menghilangkan noda hewan peliharaan.

Semprotkan sedikit formula pembersih ke kasur dan oleskan noda dari tepi luar ke dalam. Hal ini akan mencegah noda menyebar.

Ketika noda sudah hilang, seka area tersebut dengan kain lembap dan mengelapnya dengan kain kering. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kasur agar Tak Berjamur dan Jadi Sarang Tungau

Cara mendisinfeksi kasur 

Ilustrasi membersihkan kasur, membersihkan spring bed. SHUTTERSTOCK/FOTODUETS Ilustrasi membersihkan kasur, membersihkan spring bed.
Setelah membersihkan debu dan noda, ada beberapa metode berbeda yang dapat digunakan untuk mendisinfeksi kasur.

Gunakan steamer pakaian atau pembersih uap genggam lainnya di seluruh permukaan untuk membunuh kuman serta tungau debu, lalu taburkan baking soda untuk membantu menyegarkan jok dan menghilangkan bau ringan.

Setelah itu, diamkan beberapa menit dan sedot debu, Namun, untuk membunuh lebih banyak bakteri, Anda perlu menggunakan larutan disinfektan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com