Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Area Ruang Tamu yang Sering Lupa Dibersihkan

Kompas.com - 29/04/2023, 12:40 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu yang bersih tentu akan membuat tamu maupun penghuni rumah betah berlama-lama berada di dalamnya.

Karena itu, penting membersihkan dan membereskan ruang tamu secara teratur. Namun, ada beberapa area di ruang tamu dapat terlupakan saat pembersihan. 

Maka itu, penting mengetahui area-area tersebut agar ruang tamu dapat dibersihkan secara menyeluruh. Dilansir dari Homes and Gardens, Sabtu (29/4/2023), berikut lima area ruang tamu yang sering lupa dibersihkan.

Baca juga: 8 Warna Ruang Tamu yang Menenangkan dan Beri Nuansa Teduh

Area TV

Ilustrasi TV di ruang keluarga.UNSPLASH/COLLOV HOME DESIGN Ilustrasi TV di ruang keluarga.
Area TV bisa mengumpulkan banyak debu. Area bawah TV merupakan salah satu tempat yang perlu diperhatikan. Area tersebut sering diabaikan karena sulit dijangkau dan tidak mudah dipindahkan seperti halnya sofa atau kursi.

Selain itu, area belakang TV juga tak jarang terlewatkan. "Debu menumpuk di belakang sana dan pada kabel, jadi sebaiknya menggunakan kemoceng atau alat penyedot debu di belakang sana sesekali," kata Jill Koch dari Jill Comes Clean.

Pada saat yang sama, bersihkan layar TV. Anda dapat menggunakan kain mikrofiber untuk membersihkannya. Kain tersebut tidak menggores layar dan dapat digunakan untuk menghilangkan debu dan noda tanpa bahan kimia.

Pastikan membersihkannya dengan cara tepat agar tidak menyebabkan kerusakan.

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Layar TV yang Benar agar Tak Tergores

Remote

Remote merupakan benda yang sering digunakan dan disentuh setiap anggota keluarga di rumah. Remote merupakan salah satu benda terkotor di rumah yang tak jarang terlupakan untuk dibersihkan. 

Kathy Cohoon dari Two Maids & a Mop menyarankan membersihkan remote setidaknya seminggu sekali. Lepaskan baterai dari lemote, kemudian seka seluruh permukaan remote dengan tisu antibakteri atau kain yang disemprot dengan disinfektan.

"Jika terdapat kotoran pada tombol, gunakan kapas yang dibasahi alkohol untuk membersihkan setiap tombol dengan hati-hati," katanya.

Baca juga: Hilangkan Kuman dan Bakteri di Remote TV dengan Cara Ini

Bagian bawah bantal sofa

Ilustrasi ruang tamu.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi ruang tamu.
Sofa merupakan area yang paling sering digunakan dibandingkan area lain di ruang tamu sehingga area ini perlu dibersihkan lebih sering.

Saat membersihkan sofa, jangan lupakan bagian bawah bantal sofa. Anda dapat membersihkannya seminggu atau dua minggu sekali.

Untuk sarung bantal, Koch menyarankan mencucinya setiap dua minggu sekali atau setidaknya setiap bulan.

Baca juga: Sofa Warna Gelap Vs Terang, Mana yang Cocok untuk Ruang Tamu Kecil?

Kipas angin gantung dan lampu

Lampu dan kipas angin gantung merupakan area lain yang sering lupa dibersihkan. Menurut Cohoon, sulit melihat debu saat benda sedang digunakan, tetapi jika tidak dibersihkan dapat membuat ruangan yang bersih terlihat kumuh.

"Pastikan memulai rutinitas pembersihan dengan mengelap lampu plafon atau kipas angin," ucapnya.

Baca juga: Cara Aman dan Efektif Membersihkan Kipas Angin Gantung

Gorden dan karpet

Tekstil yang jarang dibersihkan dapat berbau tak sedap. Karena itu, pastikan membersihkan karpet dan gorden di ruang tamu.

Selain itu, menambahkan aroma pada ruang tamu juga dapat memberikan dampak besar. Cohoon menyarankan menggunakan aroma segar karena dapat menciptakan kesan ruangan yang bersih.

Anda bisa mendapatkannya dengan menyalakan lilin, menggunakan semprotan wewangian, atau membuat simmer pot. Anda juga dapat membuat rumah wangi dengan mudah menggunakan reed diffuser.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com