Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilangkan Kuman dan Bakteri di Remote TV dengan Cara Ini

Kompas.com - 26/10/2021, 15:28 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun tidak terlihat kotor, namun remote TV dipenuhi dengan kuman dan bakteri yang menempel di permukaannya.

Mengapa demikian? Remote TV digunakan oleh banyak orang dan bisa menjadi salah satu sumber penyebaran penyakit dan kuman.

Melansir dari Consumer Reports, Selasa (26/10/2021) pembersihan rutin harus dilakukan dengan rutin pada permukaan remote TV dengan menggunakan pemutih atau tisu berbasis alkohol. 

Baca juga: Cegah Kuman dan Bakteri, Begini Cara Membersihkan Remote TV

Beberapa virus dapat bertahan hidup di permukaan seperti itu selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Namun, kabar baiknya adalah berbagai produk dan solusi dapat digunakan untuk membunuh virus tersebut. 

Produk pembersih untuk remote 

Center for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan disinfektan paling umum yang terdaftar oleh Badan Perlindungan Lingkungan dapat digunakan untuk membunuh patogen, termasuk virus corona.

Untuk membantu Anda memilih satu, Pusat Kimia Biosida Amerika dari Dewan Kimia Amerika telah menyusun daftar dengan lusinan opsi yang disetujui EPA.

Dan pemutih rumah tangga atau larutan alkohol juga dapat digunakan, kata CDC. Jika Anda menggunakan pemutih, CDC merekomendasikan untuk mencampurkan empat sendok teh pemutih ke dalam satu liter air.

 

Baca juga: Remote TV Rusak? Lakukan Cara Ini agar Bisa Kembali Berfungsi

Pastikan untuk menyeka remote dengan kain lembap (hanya air) setelah menggunakan larutan untuk mencegah kerusakan dan perubahan warna.

Jika Anda menggunakan alkohol, solusinya harus setidaknya 70 persen isopropil alkohol. Dalam kedua kasus tersebut, Anda harus berhati-hati saat menggunakan larutan di dekat kain atau kulit.

Anda juga harus selalu mengenakan sarung tangan sekali pakai atau karet saat membersihkan dan mendisinfeksi.

Juga, ingat untuk membuka jendela untuk ventilasi ruangan di mana Anda akan menerapkan disinfektan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com