Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Mendekorasi Rumah dengan Tanaman Hias

Kompas.com - 29/04/2023, 10:30 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meletakkan tanaman hias di dalam ruangan menjadi salah satu pilihan untuk mendekorasi rumah, mempercantik ruangan, membawa suasana alam, dan membantu mengurangi stres.

Dengan banyaknya variasi tanaman dalam ruangan, Anda memiliki berbagai pilihan cara mendekorasi rumah. 

Jika tertarik menambahkan tanaman sebagai bagian dekorasi rumah, berikut sejumlah ide mendekorasi rumah dengan tanaman dikutip dari Homes and Gardens, Sabtu (29/4/2023).

Baca juga: 4 Manfaat Merawat Tanaman Hias di Rumah, Baik untuk Kesehatan Mental

Isi rak dengan tanaman

Ilustrasi tanaman hias Alocasia Black Velvet. SHUTTERSTOCK/PORNPAN SANGKARAT Ilustrasi tanaman hias Alocasia Black Velvet.
Jika memiliki rak, isi dengan berbagai tanaman. Simon Temprell, Interior Design Manager di Neptunus, mengatakan tanaman akan membawa elemen kelembutan dan kesegaran ke rak mana pun, terutama rak yang berderet. 

Perpaduan berbagai tanaman seperti pakis, tanaman laba-laba, dan tanaman lain akan menghadirkan nuansa alam yang menarik dalam ruangan.

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Rak

Tanaman pada ketinggian yang berbeda

Pilih berbagai bentuk dan ukuran tanaman dan tempatkan tanaman pada ketinggian berbeda dalam ruangan. Anda dapat mengaturnya dengan penyangga pot atau meletakkan tanaman dalam pot gantung untuk menghadirkan nuansa hutan dalam ruangan.

"Saya selalu merekomendasikan meletakkan tanaman dlam pot putih dengan bentuk  sederhana karena ini tidak bersaing dengan tanaman," ucap Eli Manekin, pendiri Loop Living.

Atur tanaman di sekitar tempat tidur

Sebagai tempat relaksasi dan memulihkan diri, kamar tidur merupakan tempat yang cocok untuk meletakkan tanaman. 

Anda dapat menempatkan tanaman pembersih udara untuk membantu menciptakan lingkungan yang sehat untuk tidur.

Cobalah memadukan tanaman berukuran sedang, seperti Calathea Orbifilia, dan pasangkan dengan tanaman besar yang memiliki daun melengkung, seperti Kentia Palm.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Terbaik untuk Kamar Tidur

Tempatkan di kamar mandi

Ilustrasi tanaman hias di kamar tidur. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi tanaman hias di kamar tidur.
Kamar mandi terkadang menjadi ruangan yang mudah diabaikan dalam hal mendekorasi rumah dengan tanaman. Namun, sebagai ruang yang lembap, kamar mandi merupakan lingkungan yang cocok untuk berbagai tanaman.

Saat memilih tanaman untuk kamar mandi, jangan lupa pertimbangkan pencahayaan di ruangan tersebut untuk memastikannya cocok bagi tanaman. 

"Dedikasikan ambang jendela untuk tanaman yang membutuhkan pencahayaan ekstra. Untuk kamar mandi dengan pencahayaan rendah, pilih tanaman seperti Pakis boston yang menyukai kelembapan," imbuh Beth Chapman, pendiri Leaf Envy.

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Hidup dengan Baik di Kamar Mandi

Pertimbangkan pot

Saat menata pot dalam ruangan, pertimbangkan pot atau wadah yang akan digunakan. Pilih wadah yang sesuai dengan dekorasi ruangan.

Pot terakota dapat menghadirkan nuansa perdesaan, sementara keranjang anyaman akan menghadirkan tekstur pada ruang tamu. Apa pun pot yang dipilih, pastikan memiliki drainase baik.

Baca juga: Plus Minus Pot Terakota untuk Menanam Tanaman

Kelompokkan tanaman di atas meja

Ilustrasi tanaman hias di ruang kerja atau meja kerja.Shutterstock/Pressmaster Ilustrasi tanaman hias di ruang kerja atau meja kerja.
Mengelompokkan tanaman merupakan cara bagus untuk menciptakan titik fokus dekoratif. Anda dapat meletakkan tanaman di atas meja yang dekat jendela.

Untuk hasil terbaik, pilh berbagai bentuk tanaman dan daun berbeda serta atur ketinggiannya. Letakkan tanaman paling tinggi di bagian belakang dan pot kecil di bagian depan.

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Dapat Membersihkan Udara dan Racun di Rumah

Mencerahkan sudut

Jika memiliki sudut ruangan yang kosong dan tampat kurang menarik, letakkan tanaman hias berukuran besar untuk mencerahkannya.

Katie Lion, Senior Interior Designer di Kitesgrove, mengatakan memasukkan tanaman hijau ke ruangan akan membuat ruang terasa lebih hidup, ramah, serta menambahkan tekstur alami, bentuk organik, dan sentuhan warna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com