Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Talenan Kayu agar Tetap Bersih dan Bebas Bau

Kompas.com - 14/02/2024, 09:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Talenan kayu rentan mengalami kotor dan bau lantaran digunakan untuk memotong daging, sayuran, buah, dan berbagai bumbu dapur

Tak heran, talenan kayu mendapat perhatian lebih dalam pembersihan dan perawatan. 

Baca juga: Penggunaan Talenan Bambu Bisa Merusak Pisau, Kenapa?

Namun, cara membersihkan peralatan dapur ini telah menjadi perdebatan populer di banyak forum online, seperti Facebook dan Instagram. 

Setiap orang punya metode sendiri bagaimana membersihkan talenan kayu yang benar. Begitu pun dengan produk pembersih yang digunakan serta bolehkah memasukkan talenan ke mesin pencuci piring atau tidak.  

Lantas, bagaimana cara terbaik membersihkan talenan kayu? 

Nah, dilansir dari The Kitchn, Rabu (14/2/2024), berikut cara membersihkan talenan kayu agar tetap bersih dan bebas bau. 

Baca juga: 5 Tips Menggunakan Talenan Plastik agar Tidak Licin dan Mudah Bergeser

Cara membersihkan dan mendisinfeksi talenan kayu 

Ilustrasi talenan kayu. FREEPIK/KAMRANAYDINOV Ilustrasi talenan kayu.
Penting membersihkan dan mensterilkan talenan kayu secara teratur, terutama karena sayatan kecil yang dibuat oleh pisau pada permukaan papan dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Pembersihan sangat penting untuk talenan kayu yang digunakan untuk memotong daging. Namun, Anda tidak ingin menggunakan banyak produk abrasif, yang dapat semakin merusak permukaan papan.

Banyak orang merekomendasikan membersihkan talenan kayu dengan menggunakian campuran baking soda dan asam, seperti cuka atau perasan lemon. 

Baca juga: Ternyata, Memotong Daging di Talenan Kayu Berisiko untuk Kesehatan

Taburkan baking soda ke seluruh talenan kayu, lalu menggunakan setengah buah lemon yang baru dipotong untuk menggosok talenan.

Asam dari jus lemon akan bercampur dengan baking soda, menghasilkan pasta berbusa yang akan masuk ke semua sudut dan celah papan dan membersihkan talenan secara menyeluruh.

Bahkan lebih baik lagi, ini akan membantu menetralkan bau dan menghilangkan noda, suatu keharusan jika Anda mengiris sesuatu yang berdarah, berair, atau sangat pedas, seperti cabai, bawang merah, dan bawang putih.

Setelah talenan kayu benar-benar bersih dan kering, Anda bisa merawatnya dengan minyak kelapa. Oleskan minyak kelapa yang dioleskan pada permukaan talenan kayu menggunakan kain lembut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com