Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih di Talenan, Pisau, dan Tangan

Kompas.com - 16/06/2023, 11:54 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber NDTV

JAKARTA, KOMPAS.com - Bawang putih adalah salah bumbu penambah rasa yang menjadi bagian dari banyak hidangan di Indonesia. Inilah sebabnya banyak pemilik rumah menyimpan stok bawang putih di dapur.

Untuk menggunakannya dalam hidangan, biasanya bawang putih dipotong, diiris, atau dicincang. Akan tetapi, tentu saja Anda pasti tahu bawang putih memiliki aroma yang kuat.

Dikutip dari NDTV, Jumat (16/6/2023), bau bawang putih mungkin menambah cita rasa masakan, tetapi sulit untuk dihilangkan. Saat memasak, banyak orang menggunakan talenan untuk memotong siung bawang putih untuk digunakan.

Baca juga: Cara Membuat Pestisida Cair untuk Tanaman Pakai Bawang Putih

Ilustrasi talenan plastik, memotong bawang putih di atas talenan plastik. SHUTTERSTOCK/HANNATOR Ilustrasi talenan plastik, memotong bawang putih di atas talenan plastik.

Bau bawang putih dapat menempel pada semua yang disentuhnya, termasuk talenan, tangan, pisau, serta peralatan lain yang mungkin pernah Anda gunakan.

Mungkin bau bawang putih tetap ada untuk sementara waktu hanya akhirnya memudar, menyebabkan tangan dan peralatan masak berbau bawang putih bahkan setelah Anda mencucinya dengan sabun cuci piring.

Berikut cara menghilangkan bau bawang putih di talenan, pisau, dan tangan Anda.

1. Cara menghilangkan bau bawang putih di talenan dan pisau

Jika talenan dan pisau Anda akhirnya memiliki bau bawang putih yang kuat yang tidak mau hilang, maka Anda dapat merendamnya dalam air hangat selama beberapa waktu. Keluarkan dan tutupi dengan sabun cuci piring yang tidak diencerkan.

Baca juga: Cara Membuat Pestisida dari Bawang Putih, Basmi Ulat Tanaman Cabai

Gosok talenan dan pisau dengan sabut atau sikat piring yang bagus dan diamkan lebih lama. Cuci sabun untuk membersihkan talenan dan pisau.

Jika bau bawang putih masih belum hilang, Anda bisa mengulangi proses yang sama dengan garam atau soda kue (natrium bikarbonat) dan setengah buah lemon. Taburkan garam atau soda dan gunakan potongan lemon untuk menggosoknya lalu bilas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com