Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/02/2023, 14:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan untuk menambah rasa berbagai hidangan. Selain cabai, bawang putih juga bisa ditanam di halaman rumah.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Senin (20/2/2023), menanam bawang putih halaman rumah memiliki kelebihan mudah dirawat dan diawasi serta dapat dijadikan sebagai pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Selain itu, daunnya juga sangat bermanfaat untuk menambah kelezatan masakan.

Ada beberapa cara menanam bawang putih di halaman rumah, di antaranya di pot dan hidroponik sederhana. Berikut panduannya.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Menanam Bawang Putih Dalam Pot

Ilustrasi menanam bawang putih.Shutterstock/JeepFoto Ilustrasi menanam bawang putih.

1. Cara menanam bawang putih di pot

Pertama, siapkan bibit bawang putih. Bibit bawang putih dijual di toko tanaman atau dapat juga membelinya secara online.

Akan tetapi, Anda juga bisa menanam dari bawang putih yang dibeli di pasar, namun agar lebih mudah disarankan untuk menanam dari bibit.

Cara menanam bawang putih di rumah cukup mudah, yaitu tanam bibit di kedalaman tanah 2 sampai 3 cm. Jika bobot siung lebih dari 1,5 gram jika ditanam di tanah, gunakan jarak tanam dengan ukuran 20 x 20 cm.

Selalu pastikan tanaman bawang putih tercukupi air dan juga intensitas sinar matahari. Lakukan pengairan selama tiga sampai lima hari sesuai dengan cuaca.

Baca juga: Gampang, Ini Cara Menanam Bawang Putih di Dalam Ruangan

Bila bawang putih ditanam di pot, saat awal pertumbuhannya berikan pengairan dua sampai tiga hari sekali. Adapun pada periode pembentukkan tunas hingga menjadi umbi, lakukan pengairan tujuh sampai 15 hari sekali.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com