Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/02/2024, 07:51 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Semut menjadi hama serangga yang kerap muncul di rumah.

Semut hanya membutuhkan celah sekecil apa pun untuk bisa masuk ke rumah Anda. Ketika mendapatkan akses atau sumber makanan dan kelembapan, semut mulai membangun sarang serta berkembang biak dalam waktu yang sangat singkat.

Area yang bisa menjadi semut bersarang, salah satunya adalah stopkontak. Tentu saja, melihat semut masuk ke stopkontak adalah hal yang menjijikkan dan menyeramkan, tapi sebetulnya ini hal biasa. 

Baca juga: 6 Bahan Alami yang Ampuh Membasmi Semut dari Rumah

Penyebab semut masuk ke stopkontak 

Ilustrasi semut, koloni semut.SHUTTERSTOCK/FERMARCOVICH Ilustrasi semut, koloni semut.
Serangga ini tidak membutuhkan banyak ruang untuk menavigasi rumah atau berada di balik tembok. Semut hanya memerlukan celah kecil atau kekosongan untuk tinggal atau berkembang biak. 

Semut tertarik pada stopkontak karena kondisinya yang gelap, sempit, dan hangat. Begitu sekor semut masuk ke stopkontak, kemungkinan besar semut-semut lainnya akan menyusul.

Pasalnya, semut menghasilkan jejak feromon ketika menemukan kondisi hidup atau makanan yang cocok. Jejak tersebut bertindak sebagai pengikat tak kasat mata antara semut pengintai dan anggota koloni lainnya.

Tak heran, semut lain dapat menggunakannya untuk masuk ke rumah Anda seperti yang pertama. 

Baca juga: Cara Membasmi Semut dari Dapur dan Ragam Tanda Serangannya

Dengan serangan lebih kecil, Anda mungkin melihat semut liar merayap keluar dari stopkontak dari waktu ke wakt. 

Maka itu, semut yang masuk ke stopkontak perlu dikhawatirkan dan segera mengambil tindakan karena bisa menyebabkan kerusakan parah pada rumah serta menimbulkan potensi kebakaran atau korsleting listrik.

Percaya atau tidak, semut mampu mengunyah kabel listrik. Bahkan bahaya ini dapat terjadi meski stopkontak atau peralatan listrik Anda bersih dan tertutup rapat dari luar. 

Spesies semut yang paling umum menyerang stopkontak dan instalasi listrik adalah semut kuning kecoklatan, api, Asia, dan kamikaze.  

Cara membasmi semut dari stopkontak 

Ilustrasi semut, semut gula.SHUTTERSTOCK/RHJPHTOTOS Ilustrasi semut, semut gula.
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengusir semut di stopkontak listrik. Dilansir dari BC Pest Control, Senin (12/2/2024), berikut beberapa cara membasmi semut dari stopkontak. 

Baca juga: 4 Cara Mengusir Semut dari Rumah dengan Bahan Alami 

  • Gunakan semprotan insektisida

Produk insektisida sangat sedikit jumlahnya saat ini. Semprotan insektisida tersedia dalam formula pra-campuran dan cairan pekat. Kedua opsi tersebut akan bekerja baik.

Sebelum menyemprot insektisida, matikan listrik pada pemutus utama. Jangan lupa melakukan ini! Meski dapat melakukan yang terbaik untuk menghindari kabel, penyemprot cenderung tidak dapat diprediksi.

Lebih baik berhati-hati dan memutus aliran listrik sama sekali. Setelah selesai, Anda bebas bekerja dengan aman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com