Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/08/2023, 15:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Semut adalah hama yang lazim ditemukan di rumah. Semut bisa memakan makanan dan menimbulkan gangguan lainnya di dapur maupun di ruangan lainnya di rumah.

Anda dapat mengambil tindakan pencegahan untuk mengusir semut di rumah. Ada banyak produk pengusir semut dan serangga yang dijual di pasaran, akan tetapi bisa berbahaya bagi anak-anak dan hewan peliharaan.

Untuk mengusir semut di rumah secara alami, Anda bisa menggunakan minyak cengkeh. Dikutip dari House Digest, Senin (14/8/2023), minyak cengkeh adalah minyak esensial yang berasal dari pohon cengkeh.

Baca juga: Cara Mengusir Semut di Rumah Pakai Merica

Ilustrasi semut, semut gula.SHUTTERSTOCK/RHJPHTOTOS Ilustrasi semut, semut gula.

Cengkeh biasanya digunakan sebagai penyedap masakan hingga tambahan minuman menyehatkan. Jika Anda memiliki minyak cengkeh, gunakan juga untuk mengusir semut.

Cara mengusir semut di rumah menggunakan minyak cengkeh

Cara mengusir semut dengan minyak cengkeh sangat mudah. Yang Anda butuhkan hanyalah botol semprot, air, dan minyak cengkeh.

Dianjurkan juga untuk memasangkan minyak cengkeh dengan minyak esensial penolak hama lainnya untuk memperkuat keefektifannya. Misalnya, Anda juga bisa menggunakan minyak peppermint dan bubuk kayu manis.

Untuk membuat semprotan, isi botol dengan air dan tambahkan 35 tetes minyak cengkeh, diikuti dengan 35 tetes minyak peppermint. Kocok dengan baik, dan semprotkan ke area yang biasa Anda lihat semut.

Baca juga: Ragam Aroma yang Dibenci Semut, Gunakan di Rumah

Anda dapat menyemprotkannya ke atas meja, di tepi jendela dan kusen pintu, di dekat celah di lantai, dan di mana pun Anda melihat semut berseliweran.

Cara sederhana lainnya adalah dengan menambahkan dua atau tiga tetes minyak cengkeh ke beberapa bola kapas dan letakkan di tempat yang sering Anda lihat serangga ini. Berhati-hatilah untuk menjauhkan zat ini dari hewan peliharaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com