Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/05/2023, 20:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Semut adalah jenis hama yang umum ditemukan di banyak rumah, terlebih di dapur.

Tentu saja, kehadiran semut di dapur tak hanya mengganggu, tapi juga membuat kotor dan terkesan tidak terawat. 

Baca juga: Kenapa Ada Semut di Teko Air? Ternyata Ini Penyebabnya

Kehadiran semut di rumah juga menandakan adanya masalah di dapur, entah tumpahan cairan manis maupun banyaknya sampah. Untungnya, ada beberapa solusi mudah membasmi semut di dapur.

Dilansir Rhythm of the Home, Senin (1/5/2023), berikut sejumlah penyebab semut di dapur dan cara mengatasinya. 

Tumpahan cairan dan sisa makanan

Ilustrasi semut, koloni semut.SHUTTERSTOCK/FERMARCOVICH Ilustrasi semut, koloni semut.
Umumnya, semut muncul di dapur karena mencari makanan. Jika Anda sering meninggalkan makanan di atas meja atau lupa membersihkan jus yang tumpah pada hari sebelumnya, semut akan tertarik ke dapur. 

Untuk mengatasinya, bersihkan tumpahan, makanan yang busuk atau basi, dan selalu simpan makanan di kulkas atau tempat sejuk dalam wadah kedap udara. 

Baca juga: Cara Mengusir Semut di Stopkontak Listrik Pakai Bahan Alami 

Musim yang hangat

Selanjutnya, penyebab semut muncul di dapur adalah musim hangat. Ketika musim kemarau atau cuaca panas tiba, banyak serangga mulai berkeliaran mencari makanan.

Semut adalah pembersih kecil di alam. Semut datang untuk membantu menyingkirkan sisa-sisa makanan yang ada di rumah.

Sayangnya, kita tidak benar-benar membutuhkan bantuan mereka, jadi solusi terbaik adalah menjaga dapur tetap bersih dan menyingkirkan semua titik masuk dengan menutup kembali jendela dan pintu dengan dempul berkualitas baik.

Remah-remah dan sisa makanan 

Remah-remah dan sisa makanan yang jatuh dapat menarik semua jenis serangga, termasuk semut. Gula atau sisa makanan bisa jadi penyebabnya.

Solusi membasmi semut di dapur adalah memastikan pembersihan menyeluruh sesering mungkin dan menutup semua titik masuk seperti disebutkan di atas. 

Baca juga: Kenapa Banyak Semut di Stopkontak Listrik? Ini Penyebabnya

Memiliki hewan peliharaan

Ilustrasi semut.UNSPLASH/AMIT TALWAR Ilustrasi semut.
Camilan yang tersembunyi, air yang tidak diganti dalam mangkuk hewan peliharaan, dan banyak kekacauan lainnya yang dibuat hewan peliharaan dapat menjadi penyebab semut muncul di dapur. 

Pastikan sering membersihkan dan mengganti air minum sahabat bulu untuk mencegah semut di dapur. Anda dapat menaburkan kayu manis di sekitar area hewan peliharaan untuk mencegah semut setelah membasmi menggunakan pembasmi semut yang aman untuk hewan peliharaan. 

Baca juga: 9 Cara Mengusir Semut Secara Alami di Rumah, Pakai Cuka hingga Lemon

Kebocoran

Penyebab semut muncul di rumah lainnya adalah kebocoran. Pipa yang rusak atau kebocoran lain di dapur dapat menarik semut karena menyediakan sumber air.

Pastikan memeriksa dapur serta memperbaiki setiap kerusakan, bersihkan semua permukaan yang basah, dan cuci piring sesering mungkin untuk mencegah semut. 

Anda juga dapat menyemprot dapur dengan larutan pembersih yang terdiri atas air dan cuka dengan perbandingan sama untuk mengusir semut.  

Baca juga: 7 Tanaman Pengusir Semut yang Bisa Ditanam di Kebun dan Dalam Rumah

Makanan yang tidak tertutup rapat

Kotak sereal yang masih terbuka, biskuit yang belum habis, dan makanan tanpa penutup lainnya dapat menjadi penyebab semut muncul di dapur.

Maka itu, hindari menyimpan makanan yang tidak tertutup rapat. Apakah itu di lemari gelap, dapur, atau area lainnya.

Setelah menghilangkan daya tarik ini, taburkan bubuk tanah diatom yang aman untuk makanan di jalur semut untuk membasmi semut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com