Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Boraks untuk Keperluan Rumah Tangga

Kompas.com - 01/05/2023, 18:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Natrium borat alias boraks pertama kali muncul sebagai mineral alami di dasar danau kering di Tibet dan di sepanjang jalur perdagangan Jalur Sutra pada abad ke-8 Masehi.

Namun, boraks mencapai puncak popularitasnya pada abad ke-19 ketika tim pemasaran memuji-mujinya sebagai bahan yang dapat menyembuhkan segala penyakit dan bahan ajaib. Itu tidak seperti bahan lain yang ada di pasaran pada saat itu.

Hari ini, penggunaan boraks lebih banyak daripada sebelumnya. Boraks tak hanya digunakan untuk mem pembersih rumah tangga yang populer, tetapi juga membunuh hama dan mengawetkan bunga segar. 

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Bau Pesing pada Pakaian, Pakai Cuka hingga Boraks

Apa itu boraks?

Ilustrasi boraks. Boraks dapat digunakan sebagai pengusir serangga.SHUTTERSTOCK/SULIT.PHOTOS Ilustrasi boraks. Boraks dapat digunakan sebagai pengusir serangga.
Boraks adalah zat bubuk kering berwarna putih, yang juga dikenal sebagai natrium borat atau natrium tetraborat.

Sebagian besar dipasarkan sebagai pembersih rumah tangga dan terbuat dari boron, natrium, dan oksigen.

Boraks bubuk memiliki daya pembersih luar biasa jika ditambahkan ke dalam baking soda dan detergen. Atau Anda dapat membuat pembersih serbaguna DIY sendiri dengan menambahkan boraks dan baking soda dengan perbandingan sama untuk melawan kotoran dan jamur di sekitar rumah.

Sangat mudah menemukan boraks di lorong binatu di toko bahan makanan atau pengecer besar.  

Baca juga: Manfaatkan Boraks untuk Membasmi Semut di Rumah Selamanya

Manfaat boraks untuk rumah 

Meski pernah menjadi bahan pokok pembersih rumah tangga, boraks tidak lagi digunakan ketika merek-merek besar lainnya masuk ke pasar. 

Namun, Anda masih dapat menggunakan boraks untuk banyak kebutuhan pembersihan sehari-hari. Berikut sejumlah manfaat boraks untuk keperluan rumah tangga dilansir dari How Stuff Works, Senin (1/5/2023). 

 

  • Atasi masalah semut dari sumbernya

Buatlah larutan dengan 59 mililiter gula, 236 mililiter air hangat, dan satu sendok makan bubuk boraks. Gula akan menarik semut untuk membawa makanan manis serta mematikan kembali ke rumah mereka, menghentikan masalah semut di sumbernya.

Berbeda dengan asam borat, bubuk boraks dianggap lebih aman dalam dosis kecil, tapi tidak boleh tertelan. Selalu jauhkan perangkap semut dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan kecil.

Gunakan larutan boraks untuk membunuh hama lainnya, termasuk laba-laba, tungau, kecoak, dan kutu air. 

Baca juga: 6 Cara Menggunakan Boraks untuk Mencuci Pakaian

  • Gunakan sebagai pembersih rumah tangga 

Ilustrasi boraks.Shutterstock/Gv Image-1 Ilustrasi boraks.
Selanjutnya, manfaat boraks untuk keperluan rumah tangga adalah sebagai pembersih. Isi botol semprot dengan campuran boraks yang disebutkan di atas untuk mendapatkan kekuatan pembasmi kuman, seperti semprotan pembersih komersial tanpa bahan kimia tambahan berbahaya.

Semprotkan pada area yang rentan terhadap buih sabun dan penumpukan jamur, seperti wastafel porselen, bak mandi, dan shower. 

Gunakan semprotan boraks untuk membersihkan karpet, permukaan baja tahan karat, dan perabotan luar ruangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com