Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/04/2023, 17:53 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Semut adalah salah satu hama yang paling sering ditemukan di rumah. Ada banyak tempat yang bisa dijadikan "rumah" bagi semut, tidak terkecuali ketel air atau teko air Anda.

Dilansir My Budget Recipes, Minggu (30/4/2023), semut tertarik pada ketel air atau teko air karena membutuhkan air, mencari kehangatan, atau mencari makanan. Semut melepaskan feromon yang membantu semut lain menemukan sumber makanan dan air.

Seekor semut dapat mengidentifikasi ketel air atau teko air sebagai sumber air dan melepaskan feromon untuk memberi tahu koloninya.

Baca juga: Cara Mengusir Semut di Stopkontak Listrik Pakai Bahan Alami

Ilustrasi semut, koloni semut.SHUTTERSTOCK/FERMARCOVICH Ilustrasi semut, koloni semut.

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa semut adalah makhluk yang cerdas. Mereka memiliki cara yang cukup canggih untuk berkomunikasi satu sama lain.

Banyak hewan menggunakan suara untuk berkomunikasi, tetapi semut menggunakan bau yang unik untuk individu dan koloninya.

Semut dapat melepaskan bahan kimia, yang dikenal sebagai feromon, untuk meninggalkan pesan bagi anggota lain dari koloni mereka.

Jejak feromon ini memiliki tujuan yang berbeda, seperti mengkomunikasikan potensi bahaya, mengerami sarang, atau melindungi koloni.

Baca juga: Kenapa Banyak Semut di Stopkontak Listrik? Ini Penyebabnya

Dalam kasus semut di teko air, kemungkinan besar mereka menunjukkan sumber makanan dan air potensial menggunakan jejak feromon. Meskipun feromon ini unik untuk setiap koloni, semut sering dapat mengenali feromon satu sama lain.

Dua jenis semut cenderung menyerang dapur dan teko air adalah semut hitam dan semut gula

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com