Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/06/2023, 18:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kayu manis terkenal dengan kegunaan kulinernya. Namun, kayu manis juga dikenal sebagai metode alami untuk mengusir dan membasmi semut.

Dikutip dari House Digest, Sabtu (3/6/2023), penelitian mengungkapkan bahwa kayu manis mengandung cinnamaldehyde, yang berpotensi menakut-nakuti bahkan membunuh semut secara efektif.

Ada dua bentuk umum kayu manis yang dapat digunakan sebagai pengusir semut, yakni kayu manis bubuk dan minyak esensial kayu manis.

Baca juga: 8 Tips Mengusir Semut dari Rumah, Pakai Kopi hingga Bedak Bayi

Ilustrasi kayu manis, kayu manis bubuk. SHUTTERSTOCK/YETI STUDIO Ilustrasi kayu manis, kayu manis bubuk.

Minyak kayu manis bisa dicampur dengan air untuk membuat semprotan semut buatan sendiri, atau bisa direbus dengan air untuk menghasilkan koktail yang lebih manjur. Kedua ramuan tersebut dapat dioleskan pada area yang sering dimasuki semut atau sering terlihat.

Cara lainnya adalah bubuk kayu manis dapat ditaburkan di area tersebut untuk mencegah semut.

Sayangnya, menggunakan kayu manis saja tidak akan sepenuhnya menghilangkan seluruh koloni semut, terutama jika Anda sudah berurusan dengan infestasi semut.

Namun, jika digunakan secara strategis di area di mana sedikit kekacauan tidak akan menjadi masalah, kayu manis bisa menjadi alat yang berharga dalam mengatasi masalah semut.

Baca juga: Cara Mengusir Semut di Dapur dan Mencegahnya Datang Kembali

Cara kerja kayu manis

Kayu manis mengandung cinnamaldehyde, yaitu senyawa yang beracun bagi serangga, termasuk semut. Ketika semut bersentuhan dengan kayu manis dalam bentuk bubuk atau minyak esensial, cinnamaldehyde mengganggu sistem saraf dan dapat menyebabkan kematian semut.

Aroma yang kuat juga mengganggu kemampuan semut untuk bernavigasi dan berkomunikasi melalui jalur feromon semut, sehingga lebih sulit bagi mereka untuk menemukan sumber makanan dan menyampaikan pesan kembali ke koloninya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com