Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melipat Pakaian untuk Menghemat Ruang di Lemari

Kompas.com - 11/02/2024, 21:38 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cara agar ruang penyimpanan di lemari lebih longgar yaitu dengan melipat dan menata pakaian dengan benar.

Tak hanya membuat ruang penyimpanan lebih leluasa, melipat pakaian dengan rapi juga membuat pakaian lebih awet dan tetap terlihat bagus saat dikenakan.

Baca juga: 4 Manfaat Melipat Pakaian yang Jarang Disadari Orang-orang

Cara melipat pakaian sebenarnya mudah, namun masih banyak yang melakukan kesalahan sehingga membuat ruang penyimpanan di dalam lemari terlihat penuh dan berantakan.

Dilansir dari Real Simple, Minggu (11/2/2024), berikut cara melipat pakaian sesuai dengan jenisnya dengan benar untuk menghemat ruang di lemari.

Kaus oblong

ilustrasi pakaian dilipat dengan rapifreepik.com/freepik ilustrasi pakaian dilipat dengan rapi

Shira Gill, penulis Minimalista: Your Step-by-Step Guide to a Better Home, Wardrobe, and Life, menyarankan untuk melipat pakaian tidur, pakaian santai, dan pakaian olahraga, kemudian menempatkannya di laci atau rak.

Sementara itu, kaos yang mudah kusut sebaiknya digantung. Cara melipat pakaian berbahan kaos diawali dengan meletakkan kaos menghadap ke bawah di atas permukaan rata, seperti meja atau tempat tidur.

Baca juga: 7 Trik Melipat Pakaian Jadi Lebih Mudah dan Cepat

Selanjutnya, lipat lengan baju ke bagian tengah dan lipat bagian baju. Selanjutnya, lipat menjadi dua, sehingga bagian depan kaus menghadap ke atas atau lipat menjadi tiga apabila kaus terlalu besar.

Kaus yang sudah dilipat kemudian dimasukkan dalam laci atau lemari dan ditumpuk dengan pakaian lain. Namun pastikan kaus ditumpuk dengan dengan rapi.

Jeans

Cara melipat jeans diawali dengan meletakkan jeans di atas permukaan rata. Pastikan celana tersebut memiliki resleting dan kancing agar jeans lebih mudah dilipat.

Lalu, lipat jeans menjadi satu bagian memanjang. Selanjutnya, lipat jeans menjadi tiga bagian hingga celana ini berbentuk persegi.

Baca juga: Antiluntur, Ini Cara Mencuci Celana Jeans Hitam

Sweter

Menurut Gill, sweter sebaiknya disimpan dengan cara dilipat bukan digantung karena akan meninggalkan bekas gantungan pada sweter yang membuat pakaian ini kurang cantik.

Cara melipat pakaian ini sebenarnya cukup mudah. Gill bahkan bisa melipat sweter sambil berdiri. Caranya, cukup pegang sweter dengan satu tangan di setiap bahu.

Lalu, lipat lengan baju ke arah satu sama lain. Selanjutnya, lipat sweter menjadi dua bagian yang sama lebar.

Kaus kaki

Ilustrasi melipat pakaian.SHUTTERSTOCK/SRIRAT PONGCHAROEN Ilustrasi melipat pakaian.

Masih banyak diantara kita yang salah saat melipat kaus kaki. Kaus kaki sebaiknya tidak digulung atau dibuat menjadi bola kecil karena bisa merusak kain kaus kaki tersebut.

Cara melipat kaus kaki dengan benar yaitu menumpuk kaus kaki, kemudian lipat menjadi dua atau tiga. Setelah itu, letakkan kaus kaki di dalam laci atau kotak khusus.

Baca juga: 3 Cara Melipat Kaus Kaki agar Rapi dan Menghemat Ruang Laci

Pakaian dalam

Cara melipat pakaian dalam diawali dengan meletakkan celana dalam di permukaan rata.

Selanjutnya, lipat setiap sisinya dan lipat bagian bawah celana dalam ke arah tengah celana dalam, sehingga terlipat ke arah atas menjadi tiga bagian. Lalu, tempatkan pakaian dalam secara vertikal dengan rapi dan terorganisir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com