Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini 6 Tips Menata Pakaian di Lemari Sempit agar Tetap Rapi

Kompas.com - 26/08/2023, 18:35 WIB
Siti Nur Aeni ,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanpa disadari, kita ternyata memiliki banyak pakaian dan membuat ruang penyimpanan pakaian semakin terbatas.

Jika sudah seperti itu, biasanya kita akan buru-buru membeli lemari baru yang lebih besar. Namun, cara tersebut mungkin mudah dilakukan, tetapi kurang ekonomis.

Padahal, lemari kecil tetap bisa digunakan untuk menyimpan banyak pakaian apabila ditata rapi. Selain itu, bisa menggunakan organizer lemari agar semua pakaian bisa disimpan di dalamnya.

Bagi Anda yang memiliki banyak pakaian, tapi ruang penyimpanannya terbatas, berikut sejumlah cara menata pakaian di lemari kecil yang bisa diikuti dikutip dari The Spruce, Sabtu (26/8/2023). 

Baca juga: 6 Tips Menata Pakaian di Lemari Kecil

Gunakan rak pembatas baju

Salah satu cara memanfaatkan ruang pada lemari yang kecil adalah menggunakan rak pembatas baju. Rak tersebut akan membuat pakaian tertata rapi dan terpisah satu sama lain.

Ilustrasi lemari pakaian.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi lemari pakaian.

Dengan menggunakan rak ini, Anda juga bisa mengelompokkan pakaian berdasarkan warna serta memudahkan saat mengambil pakaian dari lemari agar tetap rapi

Gantungkan kain pada dinding

Kain-kain, seperti syal, sebaiknya digantung pada dinding karena biasanya ketika disimpan dalam lemari, kain syal akan berantakan.

Anda bisa menggunakan pengait akrilik yang ditempelkan di dinding, kemudian gunakan pengait tersebut untuk menggantung kain seperti syal. 

Baca juga: 4 Cara Menata Pakaian jika Lemari Sempit atau Kecil

Lipat pakaian secara vertikal

Melipat pakaian secara vertikal juga menjadi salah satu cara menata pakaian di lemari kecil. Selain lebih rapi, melipat pakaian secara vertikal juga bisa membantu menghemat ruang.

Dengan lipatan vertikal, Anda juga lebih mudah saat mengambil pakaian tersebut dari dalam lemari.

Manfaatkan area pintu lemari untuk menggantung aksesori

Untuk memanfaatkan lemari yang sempit, Anda harus pandai menggunakan setiap sudut lemari. Salah satu sudut lemari yang bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan adalah area belakang pintu lemari.

Pada bagian tersebut, Anda bisa memasang pengait untuk menggantung aksesori, seperti ikat pinggang dan topi.

Baca juga: 6 Aturan Posisi Lemari Pakaian di Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Memanfaatkan laci lemari

Selain area belakang pintu, bisa juga memanfaatkan laci dalam lemari untuk menyimpan akesori atau pakaian yang bisa dilipat kecil. Anda dapat memasang sekat berbentuk persegi agar penyimpanan lebih rapi dan mudah saat diambil.

Gunakan gantungan multifungsi

Apabila lemari pakaian memiliki bagian untuk menggantung, sebaiknya pilih gantungan pakaian yang multifungsi. Anda bisa menggunakan gantungan pakaian yang bisa memuat lebih dari satu baju.

Dengan demikian, penyimpanan menjadi lebih efisien serta pakaian yang digantung juga menjadi lebih rapi.

Nah, itulah beberapa tips menata pakaian di lemari kecil agar tetap rapi dan mudah saat diambil. Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com