Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Menata Lemari Sudut di Dapur agar Tetap Teratur

Kompas.com - 21/07/2023, 14:11 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari sudut merupakan cara bagus memanfaatkan ruang tak terpakai di dapur. Namun, terkadang lemari sudut kerap menjadi tempat penyimpanan barang-barang yang terlupakan dan tidak terorganisasi.

Jess Taussig, professional organizer dan pendiri Joyful Organizing by Jess, mengatakan lemari sudut sulit dijangkau dan sebagian besar barang dapur tidak muat disimpan di dalamnya.  

Ditambah, karena sulit dijangkau, kata Taussig, kliennya sulit termotivasi untuk mengurusnya. Untuk memudahkan Anda, berikut cara menata lemari sudut dikutip dari Real Simple, Jumat (21/7/2023).

Baca juga: 8 Cara Membersihkan Lemari Dapur agar Tampak Baru

Cerdas memilih barang yang disimpan

Ilustrasi dapur, ilustrasi lemari dapur kayu solid, kitchen set. SHUTTERSTOCK / George Tsamakdas Ilustrasi dapur, ilustrasi lemari dapur kayu solid, kitchen set.
Taussig menyarankan menggunakan lemari sudut dapur untuk barang-barang yang tidak digunakan setiap hari. Hindari menyimpan barang berukuran besar di dalamnya karena sulit mengambilnya.

Jikamemiliki pintu berengsel ganda di sudut dapur, cara bagus lainnya untuk memanfaatkan ruang tersebut adalah menyimpan mangkuk.

“Tujuannya, tidak ada barang yang tersesat di belakang lemari sudut,” kata professional organizer Shauna Yule Brasseur.

Menurut Shauna, dengan menyimpan barang di lemari sudut, deretan barang pecah belah mudah dilihat dan merupakan penggunaan ruang yang baik.

Baca juga: 7 Tips Mengatur Lemari Dapur agar Rapi dan Tertata

Gunakan lazy susan

Lemari sudut adalah tempat ideal memanfaatkan papan putar atau lazy susan. “Sangat mudah menemukan sesuatu hanya dengan memutar cepat dan tidak ada yang terlupakan,” kata Taussig.

Taussig sering menggunakannya untuk menyimpan saus yang berlebih dan menyarankan menggunakan model yang memiliki pinggiran minimal karena mudah memasukkan dan mengeluarkan barang.

Yule Brasseur mengatakan Anda dapat menggunakan lazy susan yang besar untuk benar-benar memanfaatkan sudut.

Baca juga: Asal-usul Lazy Susan, Papan Putar di Meja Restoran China

Tempatkan wadah

Ilustrasi kabinet dapur.Shutterstock/ocwarfford Ilustrasi kabinet dapur.
Sebuah wadah dapat membuat perbedaan besar pada lemari sudut yang canggung. “Saya menggunakan wadah lebih tinggi dengan gagang untuk menyimpan banyak barang yang lebih kecil, seperti pemotong kue yang digunakan setahun sekali untuk liburan,” kata Taussig.

Yule Brasseur menyarankan, jika memiliki barang-barang kecil, seperti tempat lilin, lilin, atau serbet, gunakan wadah untuk menyimpannya agar tidak hilang.

Jika memiliki lemari yang tinggi, ia merekomendasikan kotak sepatu bening yang dapat ditumpuk. Ingatlah selalu mengukur ruang sebelum membeli wadah.

Baca juga: Cara Menata Lemari Dapur agar Rapi dan Sedap Dipandang

Beri label

Baik menggunakan wadah maupun lazy susan, beberapa barang Anda tidak akan terlihat saat membuka pintu lemari sudut. 

Karena, itu, tambahka  label pada wadah untuk membantu menemukan barang. Anda dapat menempelkan catatan di bagian dalam lemari atau bagian depan wadah agar mudah mengetahi barang apa saja yang disimpan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com