Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Desain Rumah ala Hotel, Bikin Suasana Lebih Nyaman

Kompas.com - 11/02/2024, 17:16 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap sudut hotel terasa nyaman dan mewah. Hal itulah yang membuat banyak orang merasa senang dan betah saat berada di hotel.

Padahal, untuk bisa merasakan kenyamanan seperti di hotel, tidak harus menginap di hotel. Sebab, desain nyaman dan mewah ala hotel bisa ditiru dan diterapkan di rumah.

Dilansir dari Real Simple, Minggu (11/2/2024), berikut ini tips desain rumah ala hotel yang membuat suasana lebih nyaman.

Baca juga: 5 Ide Desain Kamar Tidur Mewah seperti Hotel Bintang Lima

Gunakan peredup pada pencahayaan

Ilustrasi lampu kamar tidur yang hangat. Unsplash/Christopher Jolly Ilustrasi lampu kamar tidur yang hangat.

Pencahayaan akan membuat rumah terasa berbeda. Cahaya yang terlalu terang akan memberikan nuansa semangat, sedangkan suasana redup bisa memberikan kesan rileks dan tenang.

Corey Damen Jenkins, seorang desainer interior mengatakan bahwa hotel seringkali memiliki cahaya yang bisa menciptakan suasana nyaman. Rahasia pencahayaan nyaman di hotel yaitu penggunaan peredup pada lampu.

Jenkins mengatakan peredup menjadi solusi mudah untuk menciptakan perubahan suasana secara langsung.

Selain menggunakan peredup cahaya, warna bola lampu juga bisa memberikan kesan berbeda di dalam ruangan. Jadi, pastikan memilih warna lampu yang tepat untuk menghadirkan suasana yang diinginkan.

Baca juga: 4 Tren Lampu yang Bakal Populer 2024

Tampilkan tekstur di dalam ruangan

Saat menginap di hotel, kita banyak menemukan sudut ruangan bertekstur. Misalnya, penggunaan kain beludru dan kulit matte halus hingga bantal mewah yang nyaman.

Jika ingin menghadirkan suasana hotel di rumah, maka salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu menggunakan selimut rajut tebal, bantal sofa dari beludru, atau tekstur alami berubah keranjang anyaman.

Buat area untuk berkumpul

Tips desain rumah ala hotel lainnya yaitu membuat area untuk berkumpul seperti lounge dan lobi hotel. Area berkumpul bisa dibuat di ruang keluarga.

Jenkins menyarankan untuk membagi ruang keluarga menjadi beberapa bagian. Ada ruangan yang digunakan untuk nonton TV dan ada area yang digunakan untuk membaca buku dengan nyaman.

Dengan membuat ruang keluarga yang nyaman, maka berkumpul bersama keluarga akan lebih menyenangkan.

Baca juga: Cara Mendekorasi Ruang Keluarga dengan Warna Krem

Buat desain yang fungsional

ilustrasi kamar tidur nyaman seperti di hotelShutterstock/onzon ilustrasi kamar tidur nyaman seperti di hotel

Desain fungsional akan membuat rumah terasa lebih nyaman dan menarik. Selain fungsional, perimbangkan juga kebutuhan di ruangan tersebut. Menurut Jenkins, berikut beberapa tren desain hotel yang sedang populer:

  • Menggunakan banyak warna

Saat ini banyak hotel yang menggunakan banyak warna untuk membuat ruangan terasa lebih gembira. Warna yang beragam juga membuat ruangan terasa lebih modern.

  • Kamar tidur monokrom

Gaya monokrom banyak memberikan dampak besar pada desain interior. Jika dipadukan dengan warna dan tekstur yang tepat, ruangan monokrom bisa menciptakan lingkungan yang nyaman dan tenang.

Baca juga: Selain Hitam, Ini 5 Warna Kamar Tidur yang Cocok dengan Tema Monokrom

  • Menggunakan kayu berwarna gelap

Jenkins juga mengatakan bahwa saat ini hotel banyak menggunakan kayu gelap dibandingkan kayu terang. Kayu berwarna gelap akan menambah kehangatan dan kenyamanan di ruangan tersebut.

  • Tampilkan detail bergalur

Detail bergalur bisa digunakan untuk menciptakan tekstur dan memberikan tampilan unik tanpa terlalu menarik perhatian. Detail bergalur bisa digunakan di semua gaya interior rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com