Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Warna Biru Terbaik yang Cocok untuk Mengecat Semua Dinding

Kompas.com - 07/02/2024, 12:17 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Biru merupakan salah satu warna yang banyak disukai. Warna ini cocok untuk mengecat semua bagian rumah.

Pilihan warna biru juga sangat beragam. Setiap jenisnya bisa memberikan kesan yang berbeda di dalam ruangan.

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Kamar Tidur dengan Warna Biru yang Memukau

Misalnya, warna biru tua memancarkan kesan anggun. Sedangkan warna biru cerah atau pastel memberikan tampilan segar dan ceria.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Rabu (7/2/2024), berikut beberapa jenis warna biru terbaik yang cocok untuk mengecat semua dinding.

Biru denim

Ilustrasi dekorasi rumah dengan nuansa warna biruSHUTTERSTOCK/UNITED PHOTO STUDIO Ilustrasi dekorasi rumah dengan nuansa warna biru

Warna biru denim pudar selalu banyak diminati. Selain ditampilkan pada pakaian, warna biru denim juga bisa dipilih sebagai warna cat dinding.

Warna denim memiliki nada yang lembut dan bersahaja, sehingga bisa menghadirkan suasana tenang dan nyaman.

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Dapur dengan Warna Biru, Cantik dan Menarik

Untuk memperkuat kesan tersebut, warna biru denim bisa dikombinasikan dengan warna biru yang kurang jenuh dan corak yang lebih terang dan gelap untuk menciptakan kontras.

Biru laut

Warna biru terbaik selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengecat dinding yaitu biru laut. Warna biru tua ini memiliki rona abu-abu kehijauan yang sejuk dan terlihat klasik.

Warna ini cocok dikombinasikan dengan marmer putih, aksen kuningan antik, dan warna netral yang terang. Warna biru laut cocok ditampilkan pada ruang kertas, area pintu depan, dan warna lemari dapur.

Baca juga: Menurut Ahli, Ini Makna Warna Biru dan Cara Penerapannya di Rumah

Biru modern

Meski warna biru tergolong sebagai warna klasik, namun ada juga warna biru modern yang membuat ruangan terlihat lebih cantik. Warna biru modern terlihat lebih pucat dan terang.

Warna biru modern cocok dikombinasikan dengan furnitur, aksesori, dan kain untuk memberikan kesan bervariasi di dalam ruangan.

Biru telur asin

Warna biru telur asin memberikan kesan damai dan lembut. Warna biru ini bisa memberikan rasa nyaman di dalam ruangan.

Warna biru telur asin dapat ditampilkan di kamar tidur, ruang kerja, atau ruang makan yang membuat ruangan-ruangan tersebut terasa nyaman saat ditempati.

Baca juga: 6 Ide Mendekorasi Kamar Mandi dengan Warna Biru

Biru cyan

Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa warna biru muda.SHUTTERSTOCK/YAMPI Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa warna biru muda.

Biru cyan adalah warna hasil perpaduan biru dan hijau yang menghasilkan warna cerah namun menenangkan. Warna biru cyan bisa digunakan di kamar tidur untuk menciptakan suasana tenang.

Warna biru cyan dapat dikombinasikan dengan warna netral terang seperti putih dan krem. Padukan juga material alami seperti kayu ringan untuk menghadirkan tekstur dan suasana yang nyaman.

Biru langit

Jenis warna biru terbaik lainnya yang bisa digunakan untuk mengecat dinding rumah yaitu biru langit.. Warna ini memiliki tampilan pucat yang lembut, segar, dan optimis.

Baca juga: Benarkah Warna Cat Biru Langit Bisa Memberi Ketenangan?

Rona bersih dan tenang pada biru langit juga bisa membuat kamar tidur terlihat cerah, lembut, dan kalem. Padukan warna biru langit dengan putih, krem, atau kelabu tua agar ruangan terlihat semakin cantik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com