Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/02/2024, 21:54 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Livspace


JAKARTA, KOMPAS.com - Retak rambut merupakan salah satu masalah yang sering ditemukan di area dinding. Biasanya, retak rambut disebabkan oleh perubahan suhu yang ekstrem.

Kondisi ini bisa mengurangi kekuatan dinding dan pondasi rumah. Tak hanya itu, retak rambut juga membuat dinding rumah terlihat kurang estetik.

Baca juga: Cara Mengatasi Retak Rambut di Dinding dengan Cepat

Retak rambut sebenarnya bisa diatasi dengan mengisi bagian yang retak menggunakan adonan semen atau sejenisnya, kemudian dicat. Namun, bekas tambalan pada area yang retak akan mengganggu tampilan di dinding tersebut.

Maka dari itu, perlu mencari solusi untuk menutup area tersebut. Dilansir Livspace, Selasa (6/2/2024), berikut cara menyembunyikan retak rambut di dinding.

Tutup dengan pigura

Ilustrasi pigura di dindingShutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi pigura di dinding

Salah satu cara termudah untuk menutup retak rambut di dinding yaitu dengan memasang pigura foto atau lukisan di area yang retak. Tempelkan pigura menggunakan selotip agar tidak merusak dinding.

Selain menutup retak rambut, pigura foto dan lukisan juga membuat dinding lebih estetik.

Baca juga: Cara Membersihkan Bingkai Foto Berdasarkan Jenisnya

Pasang wallpaper

Cara menyembunyikan retak rambut di dinding lainnya yaitu memasang wallpaper di area dinding yang retak. Selain digunakan untuk menyembunyikan dinding yang retak, wallpaper juga bisa menyembunyikan cat yang mengelupas.

Pilihlah wallpaper yang warnanya halus atau pastel agar suasana di ruangan terasa lebih santai. Jika ingin menggunakan wallpaper bermotif, pilihlah motif yang yang estetik, namun tidak berlebihan.

Tempelkan stiker dinding

Selain wallpaper, stiker dinding juga bisa digunakan untuk menutup retak rambut di dinding. Pilihlah stiker yang sesuai dengan konsep interior rumah maupun fungsi ruangan tersebut.

Misalnya, pada ruang bermain, maka bisa dipasang stiker dinding bergambar hewan atau karakter kartun favorit anak.

Baca juga: Cara Memasang Stiker Dinding untuk Mempercantik Ruangan

Tutupi dengan kain

Jika retakan rambut banyak, maka salah satu cara menutupinya yaitu memasang kain tipis di dinding. Kaitkan dua sisi kain ke dinding yang ingin ditutup.

Sedangkan dua sisi lainnya dibuat menggantung agar tampilan interior terlihat lebih estetik. Pilih kain yang motif dan warnanya sesuai dengan konsep interior agar tampilannya senada dan serasi.

Pasang dream catcher

Cara menyembunyikan retak rambut dinding berikutnya yaitu memasang dream catcher di dinding yang retak. Dream catcher akan membuat dinding lebih menarik.

Dream catcher juga bisa menjadi titik fokus di ruangan tersebut. Jika yang dinding yang retak ada di kamar tidur, maka dream catcher bisa menjadi pilihan yang tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com