Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Pencahayaan di Kamar Tidur Modern, Bikin Suasana Lebih Nyaman

Kompas.com - 06/02/2024, 20:38 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Livspace


JAKARTA, KOMPAS.com - Pencahayaan di dalam kamar tidur harus dipikirkan dengan matang. Sebab, setiap jenis dan desain lampu kamar akan mempengaruhi respon emosional serta suasana hati.

Tak hanya itu, pemilihan lampu yang tepat juga akan membuat kamar tidur terasa lebih menarik. Di kamar tidur, lampu bisa dipasang di langit-langit rumah, dinding, maupun diletakkan di atas meja samping tempat tidur.

Baca juga: 5 Ide Pencahayaan untuk Kamar Tidur Kecil, Nyaman dan Sedap Dipandang

Penentuan jenis pencahayaan di kamar tidur bisa disesuaikan dengan konsep interior kamar. Dilansir dari Livspace, berikut beberapa ide pencahayaan di kamar tidur modern yang membuat ruangan lebih menarik.

Desain lampu kamar berlapis

Ilustrasi lampu di kamar tidur. Shutterstock/Sheila Say Ilustrasi lampu di kamar tidur.

Pencahayaan berlapis banyak digunakan di kamar tidur keren bisa menciptakan suasana yang diinginkan. Pencahayaan berlapis juga bisa menghadirkan kesan lembut dan nyaman, sehingga cocok untuk beristirahat.

Pilihlah lampu yang pencahayaannya biru atau abu-abu karena bisa memberikan efek menenangkan. Padukan juga dengan pencahayaan tersembunyi dan lampu gantung agar kamar terasa semakin nyaman.

Baca juga: 5 Cara Menghadirkan Pencahayaan di Kamar Tidur

Lampu gantung

Ide pencahayaan di kamar tidur modern selanjutnya yaitu lampu gantung. Jenis lampu ini bisa memberikan kesan dramatis di dalam ruangan.

Pilihlah lampu yang sedikit redup agar kamar terasa lebih tenang dan nyaman, sehingga kamar pencahayaan tidak mengganggu waktu istirahat di malam hari.

Lampu dinding tersembunyi

Desain lampu dinding yang tersembunyi bisa dipilih apabila ingin menonjolkan furnitur yang ada di ruangan tersebut.

Sesuai dengan namanya, lampu ini dipasang tersembunyi, biasanya di belakang furnitur, sehingga saat dinyalakan cahayakan akan menghiasi dan membingkai furnitur tersebut.

Selain membuat ruangan lebih terang, penempatan lampu yang tepat akan membuat kamar terlihat lebih estetik.

Baca juga: Panduan Menggunakan Lampu Dinding Kamar

Lampu liontin

Lampu liontin akan membuat kamar tidur terlihat lebih estetik. Lampu ini biasanya dipasang dengan cara digantung, namun biasanya tidak setinggi lampu gantung.

Umumnya, lampu liontin memiliki desain yang unik, sehingga bisa menjadi titik fokus di dalam ruangan.

Lampu lantai

ilustrasi lampu lantai di kamar tidur rapi dan bersihShutterstock/onzon ilustrasi lampu lantai di kamar tidur rapi dan bersih

Lampu lantai adalah lampu yang diletakkan di atas lantai. Biasanya, lampu ini memiliki tiang tinggi untuk menopang kap dan bola laampu.

Lampu ini bisa diletakkan di sudut kamar atau di dekat tempat tidur untuk memberikan penerangan yang estetik. Tampilan lampu yang tinggi dan ramping membuat kamar terlihat lebih rapi dan lapang.

Baca juga: 5 Tips Dekorasi Ruangan dengan Lampu Lantai

Lampu samping tempat tidur

Terakhir, ide pencahayaan di kamar tidur modern yaitu penggunaan lampu sederhana yang biasanya diletakkan di samping tempat tidur.

Lampu ini membuat area tempat tidur terasa lebih hangat karena biasanya cahaya yang dihasilkan berwarna kuning keemasan.

Selain membuat kamar lebih hangat dan nyaman, desain sederhana juga membuat lampu ini cocok dipadukan dengan wallpaper dinding warna-warni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com