Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/01/2024, 19:25 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.com - Menyimpan perlengkapan kamar mandi menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi. Sebab, di dalam ruangan ini biasanya tidak terdapat banyak tempat penyimpanan.

Tak hanya itu, kamar mandi juga merupakan ruangan yang lembap dan berair, sehingga berisiko merusak benda yang disimpan didalamnya.

Meski demikian, perlengkapan kamar mandi tetap bisa disimpan di dalam kamar mandi. Dilansir dari The Spruce, Senin (29/1/2024), berikut ini cara menyimpan perlengkapan kamar mandi.

Baca juga: 5 Ide Ruang Penyimpanan Pakaian di Kamar Tidur Kecil, Bikin Efesien

Gunakan mangkuk atau nampan

Ilustrasi mangkuk penyimpanan di meja kamar mandiShutterstock/New Africa Ilustrasi mangkuk penyimpanan di meja kamar mandi

Salah satu cara termudah untuk menyimpan perlengkapan kamar mandi di kamar mandi sempit yaitu dengan menggunakan mangkuk atau nampan.

Mangkuk dan nampan tersebut bisa diletakkan di atas kabinet kamar mandi. Barang-barang yang bisa disimpan di dalam mangkuk atau nampan antara lain; sabun, sampo, dan pernak-pernik lain.

Tata barang-barang tersebut dengan rapi agar tampilannya tetap menarik.

Baca juga: 5 Cara Memaksimalkan Ruang Penyimpanan di Kamar Mandi

Maksimalkan ruang di bawah meja

Biasanya, di dalam kamar mandi terdapat meja yang digunakan untuk meletakkan wastafel dan menyimpan barang-barang.

Jika membutuhkan ruang penyimpanan tambahan, maka manfaatkanlah ruang di bawah meja sebagai ruang penyimpanan tambahan.

Christy Scott Spearman dan Kate Duffy dari Duffy Scott Interiors menyarankan untuk menambahkan unit penyimpanan tambahan seperti keranjang atau rak di bawah meja wastafel.

Baca juga: 6 Cara Memaksimalkan Ruang Penyimpanan di Kamar Tidur Kecil

Manfaatkan dinding kamar mandi

Cara menyimpan perlengkapan kamar mandi lainnya dengan memanfaatkan dinding kamar mandi. Gunakan rak gantung dan lemari dinding yang dipasang di dinding kamar mandi.

Rak dan lemari bisa digunakan untuk menyimpan perlengkapan mandi, handuk, dan perlengkapan kamar mandi lain. Selain membuat kamar mandi rapi, tempat penyimpanan tersebut juga membuat barang-barang yang disimpan tetap bersih.

Gunakan rak handuk

Ilustrasi rak kamar mandi, rak di kamar mandi.SHUTTERSTOCK/KATTEKAT Ilustrasi rak kamar mandi, rak di kamar mandi.

Selain menyimpan handuk di dalam lemari, handuk juga bisa disimpan di rak khusus. Rak ini biasanya ditempelkan di dinding kamar mandi, sehingga tidak memakan banyak ruang.

Tak hanya membuat kamar mandi lebih rapi, menggantung handuk di rak juga bisa menjadi ornamen dekorasi yang membuat kamar mandi terlihat semakin menarik.

Baca juga: 9 Cara Menata Ruang Penyimpanan di Bawah Wastafel Dapur

Manfaatkan area belakang pintu

Terakhir, cara menyimpan perlengkapan kamar mandi yaitu memanfaatkan area belakang pintu. Pasang pengait atau gantungan di belakang pintu yang bisa digunakan untuk menyimpan handuk maupun perlengkapan kamar mandi lain.

Namun, pastikan area belakang pintu tetap rapi agar kamar mandi tetap terlihat menarik dan tidak menjadi sarang nyamuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com