Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Interior Rumah Bergaya Mediterania yang Estetik

Kompas.com - 27/01/2024, 19:44 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah bergaya Mediterania merupakan desain rumah yang terinspirasi dari rumah di negara-negara Mediterania, seperti Italia, Spanyol, dan Portugal. Meski demikian, tak jarang rumah Mediterania juga terinspirasi dari Yunani, Maroko, atau Prancis.

Saat ini, gaya desain Mediterania sudah menyebar ke seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Gaya Mediterania cocok untuk siapa saja yang menyukai dekorasi cantik dan fungsional.

Baca juga: 7 Ide Dekorasi Kamar Tidur Bergaya Mediterania

Ciri rumah bergaya Mediterania yaitu menggunakan dinding plester, furnitur berornamen, material kayu, dan balok kayu yang membuat ruangan terlihat estetik.

Dikutip dari The Spruce, Sabtu (27/1/2024), berikut ide interior rumah bergaya Mediterania yang bisa menjadi inspirasi.

Pasang balok kayu di plafon rumah

Ilustrasi kamar tidur dengan balok kayu pada plafon.Shutterstock/Justin_Krug Ilustrasi kamar tidur dengan balok kayu pada plafon.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu ide interior rumah Mediterania yaitu menggunakan material balok kayu. Bahan alami ini bisa dipasang di plafon atau langit-langit rumah.

Balok kayu membuat ruangan terlihat lebih cantik dan menarik. Selain memasang balok kayu, lampu gantung juga bisa dipasang di tengah plafon untuk membuat ruangan terlihat lebih klasik.

Baca juga: 5 Tanaman Hias untuk Taman Bergaya Mediterania

Gunakan ubin bermotif

Ide interior bergaya Mediterania lainnya yaitu menggunakan ubin bermotif. Ubin bisa terbuat dari tanah liat merah yang membuat ruangan terasa lebih hangat.

Motif yang dipilih membuat ruangan terlihat lebih ceria. Ubin bermotif dari tanah liat bisa dipasang di tangga rumah, kamar mandi, atau backsplash dapur.

Gunakan material batu di dapur

Batu alam juga banyak digunakan pada interior rumah Mediterania. Material alami ini bisa dipasang di dapur untuk mengganti material baja tahan karat atau porselen. Batu alam bisa membuat dapur terasa lebih nyaman dan bersahaja.

Baca juga: Cara Mengecat Dinding Batu Bata agar Lebih Berwarna dan Menarik

Kamar tidur minimalis

Interior rumah Mediterania bisa ditampilkan di berbagai ruangan, termasuk kamar tidur. Di rumah Mediterania, biasanya kamar tidur dibuat minimalis.

Dinding kamar tidur dibuat bertekstur dengan warna putih. Tambahkan keranjang anyaman dan alas tidur linen untuk memberikan nuansa hangat dan nyaman.

Buat dapur terbuka

Ilustrasi dapurSHUTTERSTOCK/PROCREATORS Ilustrasi dapur

Dapur terbuka juga sering digunakan pada rumah bergaya Mediterania. Dapur terbuka membuat rumah Mediterania terasa nyaman, lapang, dan modern.

Pada dapur terbuka bisa dipasang lantai kayu alami dan kursi daur berukuran besar. Corak kayu membuat ruangan bernuansa Spanyol.

Baca juga: Tips Menata Dapur Terbuka agar Lebih Cantik dan Nyaman

Gunakan warna sederhana

Terakhir, ide interior rumah bergaya Mediterania yaitu menggunakan warna sederhana seperti warna netral. Warna sederhana membuat ruangan terasa minimalis dan cantik.

Namun, untuk menonjolkan kesan mediterania, sebaiknya pasang balok kayu dan lampu gantung klasik di langit-langit rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com