Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2024, 21:25 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Veranda

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren desain interior, termasuk warna, terus berubah dari tahun ke tahun. 

Bila pada 2023 tren warna lebih pada warna-warna cerah yang lembut, seperti lilac dan abu-abu, tren 2024 berbeda. 

Baca juga: 5 Tren Desain Ruang Keluarga yang Akan Populer pada 2024

Pakar tren warna dari seluruh dunia memanfaatkan zeitgeist budaya dan desain untuk memprediksi palet waarna mana yang akan bermunculan pada 2024.  

Pakar warna memperkirakan orang-orang akan jauh lebih berani bertualang dalam warna pada 2024, seperti pink cerah, biru laut yang ceria, dan coklat yang kaya. 

Tentu saja, warna netral tidak akan pernah ketinggalan zaman, tetapi semakin hangat dengan warna buttery dan blush yang semakin populer. 

Semua ahli juga sepakat bahwa warna akan menjadi lebih personal pada tahun-tahun mendatang.

Laurie Pressman, Wakil Presiden Pantone Color Institute, mengatakan warna adalah sebuah bahasa sehingga memainkan peran penting dalam ekspresi diri pribadi. 

Beberapa orang akan beralih ke warna-warna berani, tapi lainnya memilih warna-warna netral yang lebih lembut dan warna-warna pastel yang menenangkan.

Warna dapat mempengaruhi suasana hati dan mengekspresikan kepribadian kita. Memilih warna yang sempurna untuk mengecat dinding pada akhirnya tergantung pada preferensi pribadi.

Bagi mereka yang siap terjun dalam dunia warna-warni, berikut tujuh tren warna yang akan mendominasi pada 2024 menurut pakar warna dikutip dari Varenda, Selasa (23/1/2024). 

Baca juga: 6 Tren Lantai yang Bakal Banyak Digunakan di Rumah pada 2024

Warna gelap 

Ilustrasi ruang keluarga dengan gaya gotik atau berwarna hitam.Shutterstock/Followtheflow Ilustrasi ruang keluarga dengan gaya gotik atau berwarna hitam.
Di sisi lain, warna yang kaya dan dalam akan memainkan peran integral dalam menyeimbangkan warna cerah serta terang yang akan terlihat pada tahun depan.

Nuansanya bervariasi, dari coklat tua, hitam, biru tua, hingga hijau hutan.

Sue Wadden, Direktur Pemasaran Warna di Sherwin-Williams, mengatakan warna kontras tinggi akan menjadi penting untuk mengimbangi semua kecerahan warna pink. 

Hal ini semacam faktor Yin dan Yang. Anda memerlukan kontras itu untuk menegaskan diri serta sedikit menenangkan keadaan. 

Behr merayakan daya tarik warna hitam yang abadi dengan warna terbaik tahun ini, Cracked Pepper.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com