Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Kamar Tidur Bergaya Industrial, Unik dan Menarik

Kompas.com - 22/01/2024, 20:05 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Desain industrial merupakan tema dekorasi yang banyak disukai karena terlihat unik dan menarik. Desain industrial identik dengan pipa terbuka, dinding kosong, dan cahaya yang melimpah.

Namun, desain industrial bisa disesuaikan dengan kreativitas pemilik rumah. Desain industrial bisa diterapkan di berbagai ruangan, termasuk kamar tidur.

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Bergaya Industrial yang Dapat Diterapkan di Rumah

Kamar tidur bergaya industrial terlihat sederhana, namun tetap cantik dan menarik. Dikutip dari Home Decor Bliss, Senin (22/1/2024), berikut ini ide kamar tidur bergaya industrial yang bisa menjadi inspirasi.

Gunakan dinding bermotif batu bata

dinding batu bata di kamar industrialShutterstock/Nataliabiruk dinding batu bata di kamar industrial

Salah satu cara menerapkan gaya industrial di kamar tidur yaitu menampilkan motif batu bata di dinding kamar. Motif ini bisa ditempatkan di dekat kepala tempat tidur.

Motif batu bata memberikan kesan hangat dan estetik. Selain menggunakan dinding batu bata, gunakan juga pernak pernik lain seperti lampu bohlam dan karpet halus untuk membuat kamar terasa semakin hangat.

Baca juga: Cara Membuat Dinding Batu Bata Ekspos Mengilap

Gunakan kayu lapuk

Selain batu bata, ide kamar tidur bergaya industrial lainnya yaitu menggunakan material dari kayu lapuk. Material kayu bisa digunakan sebagai tempat tidur, meja nakas, kursi, hingga lantai.

Kayu bisa memberikan nuansa alami yang cantik dan estetik. Material kayu juga membuat kamar tidur lebih nyaman.

Aplikasikan warna netral

Warna netral juga banyak digunakan untuk mendekorasi ruangan bergaya industrial. Warna netral yang digunakan pada lantai, dinding, hingga seprai.

Warna netral memberikan kesan sederhana dan minimalis. Meski demikian, kamar tidur tetap bisa dihias dengan ornamen dekorasi seperti lukisan maupun foto keluarga yang berwarna senada.

Baca juga: 7 Warna Netral yang Membuat Ruangan Kecil Terasa Lebih Besar

Cat dengan warna beton

Warna beton identik dengan desain industrial. Namun, menggunakan material beton di kamar tidur dinilai kurang menarik.

Jika ingin tetap menampilkan warna beton tanpa menggunakan material beton, maka solusi yang bisa dipilih yaitu mengecat dinding dan lantai kamar dengan warna abu-abu seperti warna beton.

Gunakan ornamen dekorasi yang unik

ilustrasi dekorasi antik di kamar tidur industrialShutterstock/Ground Picture ilustrasi dekorasi antik di kamar tidur industrial

Ide kamar tidur bergaya industrial lainnya yaitu menggunakan ornamen dekorasi yang unik. Ornamen dekorasi unik membuat kamar tidur terlihat semakin menarik.

Beberapa ornamen dekorasi yang bisa digunakan pada kamar tidur industrial, seperti; kabel terbuka, pipa, hingga sepeda yang digantung di dinding.

Baca juga: 7 Tren Warna Kamar Tidur, Bisa Hadirkan Rasa Nyaman

Tampilkan motif kotak seperti papan catur

Selain menggunakan ornamen dekorasi unik, kamar tidur bergaya industrial juga bisa dihias dengan motif kotak seperti papan catur.

Motif kotak berwarna hitam dan putih cocok ditampilkan pada kamar tidur monokrom. Motif ini bisa ditampilkan pada selimut maupun sarung bantal. Untuk menambah kehangatan di ruangan, letakkan karpet berwarna senada di bawah tempat tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com