Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Ruang Penyimpanan Pakaian di Kamar Tidur Kecil, Bikin Efesien

Kompas.com - 09/01/2024, 11:23 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki kamar tidur kecil sering kali membuat sulit memasukan sejumlah furnitur di dalamnya, salah satunya ruang penyimpanan pakaian

Padahal, ide ruang penyimpanan pakaian yang cerdas di kamar tidur kecil dapat memperluas ruang lemari pakain terkecil sekalipun dan membuatnya bekerja lebih efisien. 

Baca juga: 5 Ide Desain Kamar Tidur untuk Orang Tua Agar Aman dan Nyaman

Ide ruang penyimpanan pakaian adalah kunci menata kamar tidur sekaligus menata pakaian dan sepatu yang tidak lagi dibutuhkan. 

Dengan demikian, memudahkan Anda menemukan pakaian yang dibutuhkan dengan lebih mudah tanpa membuat lemari berantakan serta pakaian kusut. 

Ide menyimpan pakaian sebenarnya dimulai dengan penataan lemari karena lebih banyak ruang tidak berarti, lebih banyak penyimpanan.

Entah ukurannya kecil atau bentuknya aneh, menemukan tempat penyimpanan pakaian di kamar tidur kecil adalah cara bagus mengoptimalkan ruang ganti serta memanfaatkan ruang kecil atau dinding yang tidak rata.

Ingat, bukan hanya pakaian saja yang membutuhkan tempat khusus, tapi tas, sepatu, sarung tangan, dan topi juga.

Nah, disadur dari Homes and Gardens, Selasa (9/1/2024), berikut sejumlah ide ruang penyimpanan pakaian di kamar tidur kecil.  

Baca juga: 6 Cara Menata Kamar Tidur Kecil Tetap Rapi dan Bersih

Maksimalkan setiap inci dengan rak kustom yang cerdas

Ilustrasi kamar tidur yang nyamanSHUTTERSTOCK/PAVEL ADASHKEVICH Ilustrasi kamar tidur yang nyaman
Nicola Buxton, desain manajer di HUX London, Inggris, mengatakan ketika ruang di kamar tidur sangat terbatas, memilih kombinasi tempat tidur dan penyimpanan khusus adalah cara brilian memaksimalkan setiap meter persegi, memastikan fungsi kamar, kenyamanan, dan kepraktisan terpenuhi. 

Selain itu, sebaiknya mempertimbangkan tidak hanya tata letak dan desain ruangan secara horizontal yang lebih jelas, tetapi juga vertikal karena hal ini dapat mengungkap solusi kreatif yang mungkin tidak langsung terlihat. 

Misalnya, memasang rak penyimpanan di bagian atas samping tempat tidur. 

Baca juga: 5 Ide Warna Terbaik Kamar Tidur Kecil agar Tampak Menarik

Gabungkan rel gantung dan rak berbentuk merpati

Selanjutnya, ide ruang penyimpanan pakaian di kamar tidur kecil adalah menggabungkan rel gantung dan rak berbentuk merpati. 

Rachal Hutcheson, Manajer Ritel nasional di Sharps, menjelaskan terkait penyimpanan pakaian kamar tidur kecil, kebutuhan masing-masing kita unik dan solusi fungsional perlu mempertimbangkan jenis barang yang ingin disimpan dan ruang yang harus Anda isi. 

"Desain khusus yang dibuat agar sesuai dengan kontur ruangan akan menawarkan rata-rata 40 persen lebih banyak ruang dibanding desain lemari pakaian biasa," ujar Rachal.

Ada banyak pilihan untuk mempersonalisasi lemari pakaian khusus agar memastikannya sesuai dengan gaya hidup.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com