Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mendekorasi Kamar Tidur yang Tak Lekang oleh Waktu

Kompas.com - 09/01/2024, 20:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur menjadi ruangan terpenting di dalam rumah. Kamar tidur harus dibuat nyaman dan tenang agar istirahat lebih berkualitas.

Sama halnya dengan ruangan lain, kamar tidur juga perlu di dekorasi agar tampilannya cantik dan menarik. Namun, tren dekorasi yang terus berkembang membuat banyak diantara kita yang lebih memilih dekorasi sederhana yang tak lekang oleh waktu.

Cara ini membuat pemilik rumah tidak perlu mendekorasi ulang kamarnya setiap waktu. Dikutip dari Homes and Gardens, Selasa (9/1/2024), berikut ini tips mendekorasi kamar tidur yang tak lekang oleh waktu.

Baca juga: 7 Tips Mendekorasi Kamar Tamu agar Nyaman

Gunakan warna netral

Ilustrasi kamar tidur yang menenangkanShutterstock/Ola List Ilustrasi kamar tidur yang menenangkan

Kenyamanan menjadi faktor utama yang harus diperhatikan saat mendesain dan mendekorasi kamar tidur.

Untuk menciptakan kamar tidur yang tak lekang oleh waktu, Joshua Smith, desainer utama sekaligus pendiri Joshua Smith Inc menyarankan untuk menggunakan warna netral dan pola sederhana agar ruangan tetap tenang.

Singkirkan semua benda yang dianggap mengganggu seperti barang-barang elektronik. Joshua juga menyarankan untuk selalu menjaga kerapian kamar agar tubuh dan pikiran tetap rileks dan nyaman saat berada di kamar tidur.

Baca juga: 7 Warna Netral yang Membuat Ruangan Kecil Terasa Lebih Besar

Pilih furnitur berkualitas

Selanjutnya, tips mendekorasi kamar tidur yang tak lekang oleh waktu yaitu menggunakan furnitur berkualitas. Meski harganya relatif mahal, furnitur berkualitas lebih tahan lama, sehingga tidak perlu diganti setiap tahunnya.

Holly Beazley, direktur kreatif Elicyon bahkan mengatakan daripada membeli furnitur yang sedang tren, lebih baik berinvestasi pada furnitur berkualitas tinggi.

Tak hanya furnitur, kasur dan bantal juga sebaiknya memiliki kualitas yang baik. Perlengkapan tidur yang berkualitas akan membuat istirahat lebih nyaman, tenang, dan baik untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: 5 Warna Tempat Tidur yang Cocok Dipadukan dengan Furnitur Kayu

Hati-hati saat memilih pola

Ilustrasi kamar tidur bermotif bungaSHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi kamar tidur bermotif bunga

Biasanya, pola atau motif dihadirkan agar kamar tidur tidak terlihat membosankan. Akan tetapi, pemilihan pola juga harus dilakukan dengan hati-hati.

Victoria Holly, desainer dan pendiri Victoria Holly Interiors di Los Angeles, mengatakan untuk menghindari pola kuno saat menata kamar tidur.

Selain itu, Victoria juga menyarankan untuk memadukan tekstur dan pola lain agar tampilan kamar terlihat semakin menarik dan cantik.

Baca juga: Ide Wallpaper untuk Kamar Tidur dan Cara Memilihnya

Jaga gaya tetap sederhana

Menjaga desain kamar tetap sederhana juga bisa membuat kamar tetap menarik dan tak lekang oleh zaman. Desain sederhana akan membuat kamar tidur terasa tenang dan nyaman.

Kesan sederhana bisa dihadirkan dengan menggunakan warna-warna netral yang lembut serta menggunakan ornamen dekorasi yang minimalis.

Nah, itulah beberapa tips mendekorasi kamar tidur yang tak lekang oleh waktu. Meski tidak mengikuti tren terkini, kamar tidur bergaya abadi tetap terlihat cantik dan menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com