Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/01/2024, 21:39 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Seprai adalah perlengkapan tidur berbahan kain yang dipasang di atas kasur. Seprai berfungsi untuk melindungi kasur dari kotoran dan noda.

Selain itu, seprai juga membuat tidur lebih nyaman. Ada banyak seprai yang dijual dipasaran, salah satu jenis seprai yang banyak disukai yaitu seprai sutra.

Baca juga: Perbedaan Seprai Sutra dan Satin, Mana Terbaik untuk Tidur?

Seprai sutra tergolong sebagai seprai berkualitaas tinggi karena terbuat dari serat alami dan banyak manfaatnya. Dikutip dari Ideal Home, Minggu (21/1/2024), berikut ini beberapa manfaat seprai sutra yang jarang diketahui.

Mencegah panas

ilustrasi seprai berbahan sutraShutterstock/Anneleven Stock ilustrasi seprai berbahan sutra

Salah satu hal yang membuat tidur tidak nyaman yaitu karena suhu udara yang panas. Untuk membuat ruangan lebih sejuk, gunakan seprai sutra.

Sutra yang merupakan serat alami bisa membuat tidur lebih tenang, sejuk, dan nyaman. Meski demikian, Deborah Fiddy dari Gingerlily mengatakan seprai sutra bisa menyesuaikan suhu tubuh, sehingga bisa digunakan sepanjang tahun tanpa mengenal musim.

Baca juga: 5 Keuntungan Menggunakan Seprai Sutra, Tekstur Lembut dan Awet

Membuat tempat tidur lebih mewah dan elegan

Manfaat seprai sutra lainnya yaitu membuat tempat tidur lebih mewah dan elegan. Material sutra membuat kasur dan bantal terlihat nyaman, cantik, dan menarik.

Serat sutra harus dicampur dengan bahan seperti wol, kasmir, katun, dan rami akan memberikan kenyamanan lebih pada kasur.

Meningkatkan kualitas tidur

Semakin nyaman dan tentram perasaan yang dirasakan, maka tidur akan semakin berkualitas. Selain itu, cara lain agar tidur lebih berkualitas yaitu melapisi kasur dengan seprai sutra.

Saat memilih seprai sutra, sebaiknya perhatikan jumlah benangnya. Semakin tinggi jumlah benang, maka semakin banyak benang yang ada di dalam kain.

Jika ingin seprai yang ringan dan lapang, maka pilihlah seprai yang benarnya sedikit. Sebaliknya, jika ingin seprai yang padat, pilihlah benang yang banyak. Benang yang banyak akan membuat seprai lebih hangat dan nyaman.

Baca juga: Ragam Kekurangan Menggunakan Seprai Sutra

Menenangkan kulit yang sensitif

seprai berbahan sutraShutterstock/New Africa seprai berbahan sutra

Jika memiliki alergi dan kulit yang sensitif, maka menggunakan seprai sutra bisa mengatasi masalah tersebut.

Deborah Fiddy mengatakan serat sutra memiliki kandungan protein tinggi yang dapat menjaga kulit tetap lembut saat tidur.

Dengan kata lain, seprai ini bisa menjaga kesehatan kulit, terutama jika kulit mudah alergi. Manfaat tidur di atas seprai sutra juga bisa merasakan kenyamanan dan kemewahan yang tak biasa.

Baca juga: 4 Cara Mencuci Seprai Sutra agar Tetap Lembut dan Tahan Lama

Membuat kulit lebih sehat

Terakhir, manfaat seprai sutra yaitu bisa membuat kulit lebih sehat. Seprai sutra akan membuat tidur lebih nyenyak, sehingga kerutan bisa dicegah.

Selain itu, sutra juga bisa menjaga kelembapan kulit, membuat kulit lebih lembut, dan kenyal. Tak hanya baik untuk kulit, seprai sutra juga membuat rambut lebih sehat. Sepra sutra bisa mengurangi rambut kusut saat tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com