Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Warna Cerah untuk Kamar Tidur, Bisa Bikin Bahagia

Kompas.com - 21/01/2024, 19:17 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Ideal Home


JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur biasanya didekorasi dengan warna-warna netral atau lembut agar memberikan kesan tenang dan nyaman. Namun ternyata, warna cerah dan ceria juga bisa digunakan pada kamar tidur,

Warna cerah yang diaplikasikan pada kamar tidur bisa membuat suasana lebih bahagia dan segar. Tak hanya itu, warna cerah juga bisa meningkatkan energi positif di dalam ruangan.

Baca juga: Tips Memadukan Warna Cerah di Kamar Tidur

Dilansir dari Ideal Home, Minggu (21/1/2024), ada beberapa warna cerah untuk kamar tidur yang bisa menghadirkan suasana bahagia. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Kuning

Gorden di kamar tidur berwarna kuningShutterstock/musa122 Gorden di kamar tidur berwarna kuning

Jika ingin menghadirkan nuansa sinar matahari di dalam kamar, maka pertimbangkan warna kuning untuk menghias kamar. Warna kuning secara alami bisa mendorong hal-hal positif.

Amy Wilson dari 247 Blinds dan 247 Gorden menyarankan memilih warna kuning yang kuat untuk memaksimalkan kebahagiaan di dalam kamar.

Baca juga: 5 Inspirasi Kamar Tidur Warna Kuning yang Ceria

 

Warna kuning bisa dipadukan dengan warna netral seperti warna yang lebih gelap untuk membuat tampilan ruangan lebih sempurna.

Jika menyukai warna kuning yang lebih halus, padukan warna lemon yang lebih lembut pada tirai untuk menciptakan suasana lembut yang indah.

Hijau

Selain kuning, warna cerah untuk kamar tidur yaitu hijau. Warna hijau dipercaya bisa meningkatkan rasa bahagia dan sejahtera.

Penelitian dari Mental Health Foundation menyebutkan bahwa nuansa alam bisa mendukung kesehatan mental dan mencegah stres. Warna hijau bisa memberikan rona bahagia yang menciptakan motivasi dan rasa semangat.

Baca juga: 8 Ide Mendekorasi Kamar Tidur dengan Warna Hijau Tua

Biru muda

Biru muda merupakan warna yang bisa membangkitkan semangat di dalam kamar tidur. Biru muda juga membuat suasana hati lebih bahagia dan tenang.

Michael Rolland, pakar cat dan direktur pelaksana di The Paint Shed mengatakan biru muda bisa membuat kamar tidur lebih tenang dan memberikan efek positif.

Dalam psikologi warna, biru berkaitan dengan alam dan stabilitas yang berkaitan dengan langit atau air. Dua elemen alam ini bisa memberikan rasa tenang dan relaksasi.

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Kamar Tidur dengan Warna Biru yang Memukau

Putih

Ilustrasi kamar tidur berwarna putih. Unsplash/Spacejoy Ilustrasi kamar tidur berwarna putih.

Selain dikategorikan sebagai warna netral, putih juga termasuk warna cerah yang membuat kamar tidur terasa lebih terang dan luas.

Dr. Lindsay Browning, seorang psikolog, ahli saraf, dan pakat tidur di And So To Bed mengatakan warna putih lembut hingga krem hangat bisa membuat ruangan lebih luas karena dapat memantulkan cahaya dari luar.

Nah, itulah beberapa warna cerah untuk kamar tidur. Warna cerah akan membangkitkan rasa bahagia dan ceria. Selain itu, warna cerah juga membuat kamar lebih terang dan hangat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com