Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Dekorasi Ruang Makan Minimalis dan Fungsional

Kompas.com - 14/01/2024, 17:51 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang makan adalah area yang digunakan untuk makan bersama keluarga maupun tamu. Sama halnya dengan ruangan lain, ruang makan juga perlu di dekorasi dengan cantik dan menarik.

Salah satu dekorasi ruang makan yang banyak disukai yaitu ruang makan minimalis. Dekorasi ruang makan ini mengutamakan unsur kesederhanaan dan fungsi ruangan tersebut.

Dikutip dari Chique Home Living, Minggu (14/1/2024), berikut ini ide dekorasi ruang makan minimalis yang cantik dan menarik.

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Ruang Makan Modern Abad Pertengahan

Ruang makan ramah keluarga

Ilustrasi ruang makan minimalis.Shutterstock/Prostock-studio Ilustrasi ruang makan minimalis.

Ruang makan cerah, minimalis, dan sederhana merupakan konsep ruang makan yang ramah keluarga.

Maka dari itu, saat mendekorasi ruang makan, fokuslah pada detail pencahayaan dan dekorasi yang membuat ruang makan terasa nyaman saat ditempati.

Untuk membuat ruang makan lebih cerah bisa dengan memasang jendela lebar di area ruang makan atau menggunakan lampu yang terang dan nyaman.

Baca juga: 7 Ide Mendekorasi Ruang Makan Bernuansa Hitam

Buat ruangan lebih multifungsi

Ide dekorasi ruang makan minimalis lainnya yaitu membuat ruangan lebih multifungsi. Artinya, ruangan ini tak hanya digunakan untuk menyantap hidangan, namun bisa juga digunakan untuk belajar, rapat, atau ruang bersantai.

Cara membuat ruang makan multifungsi yaitu dengan menggunakan furnitur yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas.

Gunakan furnitur sederhana

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa ciri ruang makan minimalis yaitu mengutamakan kesederhanaan. Maka dari itu, disarankan untuk menggunakan furnitur yang sederhana, namun tetap elegan.

Ukuran meja makan bisa disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga. Jika anggota keluarga banyak, maka pilihlah meja makan yang besar, begitupun sebaliknya.

Baca juga: 4 Ide Dekorasi Ruang Makan untuk Memberi Tampilan yang Baru

Terapkan tema monokrom

Ilustrasi ruang makan, karpet di ruang makan.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi ruang makan, karpet di ruang makan.

Tema monokrom tak lekang oleh waktu. Ruang makan monokrom tidak menggunakan banyak warna, biasanya hanya menggunakan satu atau dua warna saja.

Warna yang digunakan pun biasanya tergolong sebagai warna netral, seperti hitam, putih, maupun abu-abu. Namun, agar tidak terlihat membosankan, ruang makan monokrom bisa dihias dengan lampu gantung.

Pilih meja makan berwarna netral

Terakhir, ide dekorasi ruang makan minimalis yaitu menggunakan meja makan berwarna netral. Dengan menggunakan warna netral, maka ruang makan bisa di dekorasi dengan lampu yang menarik tanpa memberikan kesan berlebihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com