Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Membuat Kamar Anak Fungsional dan Menarik

Kompas.com - 14/01/2024, 12:14 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar anak menjadi ruangan yang perlu di dekorasi dengan tepat agar anak-anak nyaman dan senang saat menempati ruangan tersebut.

Kamar anak biasanya tak hanya berfungsi sebagai tempat istirahat, namun juga menjadi tempat bermain dan menyimpan berbagai barang milik anak, seperti mainan, buku, dan pakaian.

Maka dari itu, kamar anak perlu dibuat fungsional, tanpa mengabaikan nilai estetika di ruangan tersebut. Dikutip dari Chique Home Living, Minggu (14/1/2024), berikut ini tips membuat kamar anak fungsional dan menarik.

Baca juga: Cara Menciptakan Kamar Tidur Anak yang Aman dan Menarik

Manfaatkan ruang yang tidak digunakan

Ilustrasi kamar tidur bernuansa biruSHUTTERSTOCK/GAF-LILA Ilustrasi kamar tidur bernuansa biru

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kamar anak tak hanya digunakan untuk tidur, namun juga untuk bermain dan menyimpan barang-barang anak.

Maka dari itu, setiap sudut di ruangan harus dimaksimalkan. Misalnya, memasang rak dinding di area yang kosong atau menempatkan rak buku kecil di dekat tempat tidur anak.

Letakkan lemari sebagai tempat penyimpanan

Seiring bertambahnya pakaian dan barang-barang milik anak, maka tempat penyimpanan perlu lebih luas. Maka dari itu, dianjurkan untuk meletakkan lemari sebagai tempat penyimpanan.

Selain lemari, bisa juga menggunakan keranjang atau kotak karton untuk menyimpan mainan anak. Sementara itu, buku bacaan bisa disimpan di rak terbuka.

Baca juga: Lemari Pakaian Anak Berantakan? Ini 4 Cara Cerdas Mengaturnya

Pilih warna yang tepat

Tips membuat kamar anak lainnya yaitu memilih warna yang tepat. Sebaiknya gunakan warna terang agar kamar anak tampak lebih luas.

Selain dicat, dinding kamar anak juga bisa dihias dengan wallpaper bermotif menarik dan cantik sesuai dengan karakter anak-anak.

Tingkatkan pencahayaan

Kamar anak juga perlu dibuat terang agar nyaman saat ditempati. Caranya bisa dengan memasang jendela agar cahaya matahari bisa masuk ke ruangan tersebut atau dengan memasang lampu yang mewah.

Cahaya yang terang akan membuat kamar anak terasa lebih luas. Tak hanya itu, pencahayaan yang tepat juga membuat kamar terasa lebih hangat dan nyaman.

Baca juga: 6 Pilihan Warna Cat untuk Kamar Anak Perempuan

Pasang hiasan inisial nama

Di kamar anak, sebaiknya pasang hiasan inisial nama anak agar terlihat lebih menarik. Hiasan ini bisa berupa stiker dinding atau hiasan dari kayu yang dapat ditempatkan di atas meja.

Pilih hiasan inisial nama yang font-nya menarik dan mewah. Lengkapi juga dengan ornamen dekorasi lain agar kamar terlihat semakin meriah.

Nah, itulah beberapa tips membuat kamar anak yang fungsional dan menarik. Selain membuat kamar yang fungsional, pastikan kamar anak tetap nyaman saat ditempati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com