Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2024, 21:45 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pintu menjadi bagian penting dari rumah. Material pintu yang sering digunakan yaitu kayu.

Pintu kayu banyak disukai karena kokoh, relatif murah, menarik, dan bisa menjaga privasi. Saat ini, pintu kayu memiliki banyak model, sehingga bisa disesuaikan dengan konsep interior rumah.

Baca juga: Tips Membersihkan Pintu Kaca Pada Kamar Mandi

Namun, apapun modelnya, pintu kayu harus rutin dirawat agar tahan lama dan tetap cantik. Salah satu perawatan yang harus dilakukan yaitu membersihkan pintu kayu agar pintu tetap kinclong.

Cara membersihkan pintu kayu tidak sulit. Dikutip dari Emerald Doors, Sabtu (13/1/2024), berikut cara membersihkan pintu kayu dengan mudah.

Bersihkan debu yang menempel

mengelap pintu kayuShutterstock/FotoDuets mengelap pintu kayu

Langkah awal yang harus dilakukan saat membersihkan pintu kayu yaitu menghilangkan debu yang menempel. Gunakan kain lembut atau kemoceng untuk membersihkan debu tersebut.

Bersihkan semua bagian pintu, khususnya celah pintu dan ukiran karena area tersebut biasanya paling banyak debunya. Setelah debu bersih, seka pintu dengan kain lembap.

Baca juga: Cara Membersihkan Pintu Kaca di Kamar Mandi dengan Mudah

Bersihkan dengan air dan cuka

Setelah debu bersih, langkah berikutnya yaitu membersihkan pintu kayu menggunakan larutan pembersih dari cuka dan air. Campurkan cuka dan air, kemudian celupkan spons atau kain lembut.

Lalu, gosokkan perlahan spons atau kain tersebut ke pintu. Setelah semua bagian bersih, bilas dengan air bersih untuk menghilangkan sisa cuka.

Jika masih ada noda yang menempel, gunakan pasta soda kue yang terbuat dari campuran soda kue dan air (perbandingan 1:1). Lalu, gosok perlahan sampai noda hilang.

Baca juga: Cara Membersihkan Pintu Kaca Shower agar Jernih dan Tak Berkerak

Bersihkan noda membandel menggunakan whiter spirit

White spirit atau mineral spirit bisa digunakan apabila pintu kayu memiliki noda membandel yang sulit dibersihkan. Caranya, tuangkan sedikit mineral spirit ke kain bersih atau kering.

Gosok kain pada pintu dengan gerakan memutar. Lakukan sampai kotoran terangkat dan pintu kembali bersih.

Bersihkan gagang pintu

membersihkan gagang pintuShutterstock/FotoDuets membersihkan gagang pintu

Dari semua area pintu, gagang pintu mungkin menjadi bagian yang paling kotor karena selalu disentuh tangan. Maka dari itu, saat membersihkan pintu, jangan lupa untuk membersihkan gagangnya.

Gunakan kain mikrofiber yang sudah diberi pembersih serbaguna untuk mengelap gagang pintu. Lalu, bilas gagang pintu dengan air dan keringkan.

Baca juga: Cara Merawat Gagang Pintu agar Bertahan Lebih Lama

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com