Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Benda yang Tidak Boleh Ada di Ruang Makan Menurut Ahli

Kompas.com - 03/01/2024, 21:35 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang menjadi salah satu area penting di dalam rumah. Ruang makan biasanya menjadi tempat berkumpul bersama keluarga sambil menikmati makanan.

Ruangan ini dibuat dengan mengutamakan fungsinya, sehingga tidak perlu terlalu banyak ornamen dekorasi. Justru sebaliknya, ornamen dekorasi yang berlebihan bisa membuat ruang makan kurang nyaman saat ditempati.

Baca juga: 7 Ide Mendekorasi Ruang Makan Bernuansa Hitam

Para ahli bahkan mengatakan ada beberapa benda yang sebaiknya tidak ada di ruang makan. Apa saja benda yang dimaksud? Dikutip dari Southern Living, Rabu (3/1/2024), berikut benda yang tidak boleh ada di ruang makan, menurut ahli.

Karpet yang mahal

Dekorasi ruang makan bernuansa hitamShutterstock/Ground Picture Dekorasi ruang makan bernuansa hitam

Salah satu benda yang tidak boleh ada di ruang makan yaitu karpet yang mahal. Sebab, ruang makan cenderung mudah kotor, karpet yang mahal kurang cocok ditempatkan di ruangan ini karena berisiko kotor dan rusak.

Kate Figler, pendiri Kate Digle Interiors, mengatakan bahwa ruang makan dibuat untuk bisa digunakan dan dinikmati, bukan dibatasi karena takut merusak karpet yang dipasang di ruangan tersebut.

Baca juga: 7 Cara Menata Karpet Berlapis di Ruangan, Ini Saran Para Ahli Desain

Lampu yang terlalu terang

Benda yang tidak boleh ada di ruang makan lainnya yaitu lampu yang terlalu terang dan panas. Figler merekomendasikan untuk menggunakan lampu bohlam putih hangat di ruang makan.

Sementara itu, Erin Tripodi, pendiri Erin Tripodi Design di Virginia mengatakan bahwa bola lampu kuning yang lembut dan hangat bisa memberikan suasana santai dan membuat ruang makan terasa lebih menyenangkan.

Televisi

Televisi dinilai tidak cocok berada di ruang makan. Sebab, ruang makan dibuat sebagai ruangan khusus makan dan berkumpul bersama keluarga, bukan ruangan untuk menikmati hiburan dari TV.

Sebaiknya, ruang TV diletakkan di ruang keluarga dengan sofa panjang, sehingga bisa dinikmati bersama banyak orang.

Baca juga: Menurut Feng Shui, Ini Lokasi yang Tepat untuk Meletakkan Televisi

Mainan anak

Sama seperti televisi, mainan anak juga sebaiknya tidak disimpan di ruang makan. Selain membuat ruang makan menjadi berantakan, mainan yang berceceran juga dapat mengganggu mobilitas di ruangan tersebut.

Alangkah lebih baik jika mainan ditempatkan di ruangan khusus. Jika tidak memiliki ruangan khusus, maka mainan bisa disimpan di kamar anak.

Kandang hewan peliharaan

Ilustrasi ruang makan dengan nuansa warna biru. SHUTTERSTOCK/PROCREATORS Ilustrasi ruang makan dengan nuansa warna biru.

Sebagai area yang digunakan untuk menikmati hidangan, ruang makan harus dibuat bersih dan nyaman. Maka dari itu, jika memiliki hewan peliharaan di rumah, jangan pernah sekalipun meletakkan kandang hewan peliharaan di ruang makan.

Selain mengganggu pemandangan, kandang hewan peliharaan juga bisa membuat ruang makan bau dan kotor, sehingga kurang nyaman saat digunakan untuk makan.

Baca juga: Cara Membersihkan Kandang Hewan Peliharaan, Bisa Pakai Karbol

Foto keluarga

Carla Aston, pendiri DESIGNED w/Carla Aston di Woodlands, Texas mengatakan bahwa foto keluarga menjadi salah satu benda yang tidak boleh ada di ruang makan.

Menurutnya, dinding ruang makan sebaiknya dibuat netral dan bersih. Aston lebih merekomendasikan cermin dan lukisan untuk mendekorasi dinding ruang makan, dibandingkan foto keluarga.

Aston menyarankan untuk meletakkan foto keluarga di lorong rumah, dinding kamar tidur, atau dinding ruang keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com