Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Menata Karpet Berlapis di Ruangan, Ini Saran Para Ahli Desain

Kompas.com - 25/12/2023, 16:09 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Karpet adalah salah satu elemen dekorasi yang dapat memengaruhi keindahan sekaligus menambah estetika pada ruangan di dalam rumah.

Namun, penggunaan karpet tentunya tidak boleh dilakukan asal-asalan. Ada beberapa teknik dalam memilih dan menggelar karpet agar dapat mempercantik ruangan.

Salah satunya adalah teknik layering atau karpet berlapis. Tak hanya bisa mempercantik ruangan, menambahkan karpet kedua di satu lokasi dapat membuat ruangan tampak tinggi, mewah, dan estetis.

Baca juga: Mudah, Begini Tips Agar Karpet Tidak Geser

“Pelapisan karpet dapat menambah kedalaman, tekstur, dan daya tarik visual pada sebuah ruangan, menciptakan suasana nyaman," kata desainer Broff, dikutip dari Better Homes & Gardens, Sabtu (23/12/2023). 

Gaya karpet berlapis bisa menciptakan tampilan klasik maupun modern, yang berfungsi di setiap ruangan di manapun di dalam rumah.

Keuntungan lainnya, melapisi karpet bisa menyembunyikan kerusakan, misalnya noda tertentu di permadani pertama. Dengan menempatkannya di bawah atau di atas permadani lain, ketidaksempurnaan itu akan tertutupi.

Ilustrasi karpet.SHUTTERSTOCK / Alex Verrone Ilustrasi karpet.
Lantas, bagaimana cara melapisi permadani atau karpet yang tepat? Melansir dari Better Homes & Gardens, ini beberapa tipsnya. 

Baca juga: Inspirasi Karpet untuk Kamar Tidur yang Membuat Ruangan Lebih Cantik

1. Mulai dengan dasar warna netral

Salah satu cara termudah menata karpet berlapis di dalam ruangan adalah diawali dengan memilih permadani berukuran besar sebagai dasar (base).

Permadani yang menjadi dasar ini pada dasarnya berfungsi sebagai kanvas untuk tampilan karpet berlapis lainnya.

Kamu juga dapat menentukan gaya atau tema saat memulai dasar. Misalnya warna dan pola yang kontras atau melengkapi. Seperti karpet warna netral dipadukan dengan karpet warna-warni atau bermotif di atasnya.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Kopi pada Karpet

2. Posisikan karpet dengan benar

Langkah selanjutnya, saat melapisi permadani, penting untuk menempatkannya sedikit tumpang tindih. Misalnya, letakkan permadani yang lebih kecil secara miring atau tepat di tengah permadani yang lebih besar.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bulu Hewan Peliharaan dari Karpet

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com