Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aturan Merenovasi Dapur yang Harus Diikuti Menurut Desainer Interior

Kompas.com - 03/01/2024, 16:47 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur merupakan ruangan yang paling sering digunakan di rumah setiap hari, dari memasak, menyiapkan makanan, makan, hingga berkumpul bersama keluarga.

Tak heran, dapur mendapat perhatian lebih dalam hal desain dan dekorasi. Namun, mendekorasi dan merombak dapur tidaklah mudah, ditambah membutuhkan biaya besar. 

Baca juga: 6 Ide Warna Kabinet Dapur yang Cocok Dipadukan dengan Lantai Abu-abu

Namun, dengan merenovasi dapur, dapat mengubah ruangan menjadi mengundang untuk memasak, bersantap, dan menghibur. 

Selain itu, merombak dapur dapat menjadi investasi besar pada masa mendatang apabila Anda berniat menjual rumah.

Ada sejumlah gaya yang dapat dipilih untuk merenovasi dapur, dari modern, klasik, farmhouse, minimalis, hingga Skandinavia. 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memutuskan jenis tampilan yang Anda inginkan, kemudian ikuti aturan renovasi dapur untuk membantu memandu Anda.

Dari warna, lantai, tata letak, hingga pencahayaan, penting memahami apa yang Anda inginkan dari dapur. 

Nah, untuk menghindari kesalahahan, berikut sejumlah aturan merenovasi dapur yang harus diikuti menurut para desainer interior dikutip dari Homes and Gardens, Rabu (3/1/2023).  

Baca juga: 4 Cara Memilih Lantai Kamar Mandi dan Dapur yang Antilicin

Punya rencana jelas sebelum memulai 

Ilustrasi dapur terorganisir dan rapiShutterstock/BM_27 Ilustrasi dapur terorganisir dan rapi
Bethany Adams, pendiri dan desainer utama di Bethany Adams Interiors, mengatakan harus memiliki rencana jelas sebelum memulai merenovasi dapur. 

Jika tidak, Anda akan menghadapi ribuan biaya tak terduga. Anda harus mengelola proyek merenovasi dapur, rentang waktu adalah kuncinya.

Karena dapur adalah ruang utama di rumah, renovasi harus dapat dicapai dan dilakukan dalam kerangka waktu serta anggaran yang Anda perlukan.

Idealnya, Anda akan menyewa seorang profesional desain terlatih untuk memberi saran kepada. Selanjutnya, kenali bahan dan perlengkapan yang ingin digunakan, biayanya, dan paling penting, ketersediaannya sebelum memulai. 

Baca juga: 4 Cara Menjaga Dapur Putih Tetap Bersih dan Kinclong

 

Pilih lokasi meletakkan peralatan

Selanjutnya, aturan merenovasi dapur yang harus diikuti adalah memilih lokasi meletakan peralatan. Dengan begitu banyak detail yang perlu diingat saat memulai renovasi, mudah mengabaikan beberapa aspek penting, seperti peralatan dapur yang memakan banyak ruang.

Emily Ruff, pemilik dan desainer utama Cohesively Curated Interiors yang berbasis di Seattle, Amerika Serikat, mengatakan memulailah dengan daftar keinginan peralatan sebelum merancang tata letak.

Tentukan secara spesifik peralatan yang diinginkan, tetapi juga ukuran masing-masing peralatan karena ada banyak pilihan yang tersedia.  

Baca juga: 6 Ide Desain Dapur Berbentuk U Agar Terlihat Cantik dan Menarik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com