Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/12/2023, 19:30 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Baju putih merupakan pakaian yang kebersihannya harus dijaga. Sebab saat kotor, pakaian putih menjadi kurang menarik.

Ada banyak jenis noda yang berpotensi mengotori baju putih, salah satunya noda pulpen. Biasanya, noda ini ditemukan pada kemeja putih yang dikenakan orang kantoran atau anak sekolah.

Pasalnya, mereka biasanya memiliki kebiasaan meletakkan pulpen di saku baju. Jika tidak ditutup dengan benar, pulpen bisa meninggalkan tinta di pakaian putih.

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Noda Karat di Baju Putih

Noda pulpen menjadi salah satu noda yang sulit dibersihkan, terlebih jika noda tersebut menempel di baju putih. Meski tidak mudah, bukan berarti noda pulpen tidak bisa dibersihkan.

Noda pulpen dapat dibersihkan menggunakan bahan pembersih yang mudah dijumpai. Pembersihan noda harus dilakukan dengan hati-hati agar tinta pulpen tidak menyebar ke bagian lain.

Dikutip dari Good Housekeeping, Selasa (19/12/2023), berikut ini cara membersihkan noda pulpen di baju putih dengan bahan yang mudah didapatkan.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Noda Lunturan Warna dari Pakaian Putih

Alat dan bahan yang dibutuhkan

Ilustrasi mencuci pakaian putih.Shutterstock/VGstockstudio Ilustrasi mencuci pakaian putih.

  • Tisu
  • Spons
  • Alkohol gosok
  • Penghilang noda sebelum dicuci

Basuk noda dengan alkohol

Apabila noda kecil, maka cukup letakkan tisu di bawah noda dan gunakan pipet untuk mengoleskan alkohol pada noda.

Sementara itu, untuk noda yang besar, cara membersihkannya dengan menuangkan alkohol dalam piring kecil. Lalu, rendam area yang terkena noda dalam alkohol selama kurang lebih 15 menit.

Seka noda dengan tisu bersih

Langkah selanjutnya yaitu menyeka noda pulpen dengan posn sampai tidak ada tinta yang menempel di baju putih. Gosok perlahan agar semua kotoran terangkat dan baju putih kembali bersih.

Baca juga: 5 Cara Mencerahkan Pakaian Putih yang Menguning tanpa Pemutih

Bilas dan gunakan penghilang noda sebelum dicuci

Setelah noda terangkat, bilas baju dengan air dingin dan gunakan penghilang noda sebelum dicuci. Lalu, cuci baju putih menggunakan pemutih yang aman untuk kain.

Jika noda belum terangkat sempurna, lakukan langkah-langkah di atas berulang kali sampai semua noda bersih. Setelah bersih, keringkan baju agar bisa dikenakan kembali.

Tips menjaga baju putih selalu bersih dan kinclong

Kebersihan baju putih perlu dijaga dengan baik agar tampilan pakaian ini tetap menarik dan rapi. Dikutip dari Tide Cleaners, berikut beberapa tips membuat pakaian putih selalu bersih dan kinclong.

Baca juga: Tips Menjaga Baju Putih agar Tak Menguning dan Tetap Bersih

  • Rendam baju putih sebelum dicuci

Salah satu cara membuat pakaian putih tetap terlihat kinclong yaitu dengan merendamnya terlebih dahulu sebelum dicuci. Rendam pakaian putih ke dalam air panas dan soda kue selama beberapa jam.

Kemudian, masukkan ke dalam mesin cuci dan tambahkan detergen ke dalam mesin cuci. Cara ini bisa membantu menghilangkan noda membandel di pakaian putih.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com