Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Menciptakan Kamar Tidur Minimalis yang Cantik dan Nyaman

Kompas.com - 16/12/2023, 15:32 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comKamar tidur minimalis kini banyak disukai. Kamar tidur minimalis  menggunakan perlengkapan tidur, dekorasi, dan furnitur yang hanya dibutuhkan saja.

Gaya kamar tidur minimalis lebih mengutamakan fungsi dibanding tampilan. Walau demikian, kamar tidur minimalis tetap terlihat cantik dengan penataan yang rapi dan teratur.

Baca juga: 11 Inspirasi Kamar Tidur Minimalis Skandinavia, Nyaman dan Bersih

Dengan penggunaan yang sederhana ini, membuat kamar tidur minimalis mudah dilakukan.

Dikutip dari Eco Terra Beds ecoterrabeds, Sabtu (16/12/2023), berikut tips menciptakan kamar tidur minimalis untuk tidur lebih nyaman.

Hilangkan kekacauan

Ilustrasi kamar tidur minimalis bergaya skandinavia.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kamar tidur minimalis bergaya skandinavia.

Langkah pertama menciptakan kamar tidur minimalis adalah menghilangkan semua kekacauan di ruangan. Buang benda yang tidak diperlukan dan sebaliknya sisakan benda-benda yang memang dibutuhkan.

Cara ini akan membuat kamar tidur lebih luas dan rapi. Kamar tidur yang rapi dan teratur juga  membuat pengguna lebih nyaman saat berada di dalamnya. 

Baca juga: 9 Ide Desain Kamar Tidur Minimalis yang Menenangkan dan Nyaman

Pertimbangkan tempat tidur yang akan digunakan

Fungsi utama kamar tidur adalah untuk beristirahat. Maka itu, pemilihan tempat tidur harus diperhatikan dengan cermat.

Bahkan, disarankan memilih tempat tidur terlebih dahulu sebelum memikirkan dekorasi ruangan. Pilih tempat tidur yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan.

Ukuran tempat tidur juga penting diperhatikan. Pada kamar tidur kecil, tempat tidur sebaiknya tidak terlalu besar agar tidak memakan banyak ruang.

Buat ruang penyimpanan tertutup

Selanjutnya, tips menciptakan kamar tidur minimalis adalah buat ruang penyimpanan tertutup. Selain tempat tidur, kamar tidur minimalis juga perlu memiliki lemari maupun tempat penyimpanan lainnya untuk menyimpan pakaian maupun perlengkapan lain. 

Tempat penyimpanan sebaiknya dibuat tertutup agar kamar tetap terlihat rapi. Selain itu, penyimpanan tertutup akan membuat lemari maupun barang-barang yang disimpan di dalamnya tetap bersih.

Baca juga: 9 Ide Desain Kamar Tidur Minimalis yang Nyaman dan Menenangkan

Gunakan warna klasik dan netral

Tips menciptakan kamar tidur minimalis selanjutnya adalah menggunakan warna klasik dan netral, seperti putih netral, abu-abu, dan hitam.

Kamar tidur minimalis harus menggunakan warna-warna sederhana. Jangan gunakan warna yang terlalu mencolok karena bisa mengurangi, bahkan menghilangkan kesan minimalis.

Tempatkan furnitur yang seimbang

Furnitur yang seimbang dengan ukuran ruangan juga penting dipertimbangkan. Furnitur besar di ruangan kecil akan membuat ruangan terasa lebih sempit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com