Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/12/2023, 20:43 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comTanaman ZZ atau Zamioculcas zamiifolia merupakan salah satu tanaman hias yang populer dan banyak disukai.

Tanaman hias ini memiliki daun berwarna hijau yang mengkilap dengan bentuk dramatis dan tegak. Warna daun tanaman ini hijau, namun ada juga varietas tanaman ZZ yang warna daunnya gelap hampir hitam.

Baca juga: Ini Posisi Terbaik Meletakkan Tanaman ZZ di Rumah Menurut Feng Shui

Tanaman ZZ berasal dari Afrika Timur. Meskipun demikian, bukan berasal dari Indonesia, tanaman ini tetap bisa tumbuh di Indonesia, asalkan dirawat dengan baik.

Dilansir dari Country Living dan The Spruce, Minggu (10/12/2023), berikut ini cara merawat tanaman ZZ agar tumbuh subur dan cantik.

Mengatur pencahayaan

Ilustrasi tanaman ZZ atau ZZ plant (Zamioculcas zamiifolia). UNSPLASH/FEEY Ilustrasi tanaman ZZ atau ZZ plant (Zamioculcas zamiifolia).

Tidak seperti tanaman tropis lain yang memerlukan cahaya terang, tanaman ZZ ternyata bisa tumbuh di tempat yang minim cahaya.

Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Tanaman Kaktus Natal, Bisa Jadi Hiasan Natal

Alfred Palomares, wakil pimpinan merchandising di 1-800-flowers.com, mengatakan bahwa tanaman ZZ bisa ditanam di wilayah yang pencahayaannya rendah hingga terang.

Bahkan tanaman hias ZZ bisa tumbuh di cahaya redup, seperti sudut gelap di kantor dan rumah. Namun, bukan berarti tanaman ini tidak butuh cahaya.

Tanaman ZZ tetap memerlukan cahaya, namun tidak boleh terlalu banyak. Sebab, cahaya matahari yang terlalu terik akan menyebabkan tanaman terbakar.

Jadi, letakkan tanaman ZZ di area yang terkena sinar matahari tidak langsung seperti ruangan yang memiliki jendela, namun ada tirai tipis yang tetap bisa menyebarkan cahaya.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Bird of Paradise di Dalam Ruangan

Menyiram tanaman

Cara merawat tanaman ZZ selanjutnya adalah menyiram tanaman. Tanaman ini perlu disiram setiap beberapa minggu sekali.

Saat musim kemarau, penyiraman perlu dilakukan lebih sering. Namun, sebelum menyiram, masukkan jari ke dalam pot untuk mengetahui tingkat kelembapan media tanam.

Jika media tanam kering, berikan sedikit air. Namun, saat masih lembap, jangan lakukan penyiraman terlebih dahulu.

Pemberian air juga tidak boleh berlebihan karena tanaman ini tidak tahan terhadap kondisi media tanam yang terlalu basah.

Memberikan pupuk berimbang

Sama halnya dengan tanaman hias lainnya, tanaman ZZ juga perlu rutin dipupuk. Pemberian pupuk dilakukan setiap sekali atau dua kali setahun selama musim kemarau.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com