Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat Tanaman Aglonema agar Tumbuh Subur dan Cantik

Kompas.com - 15/08/2023, 10:25 WIB
Siti Nur Aeni ,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Aglonema menjadi salah satu tanaman hias daun yang populer. Aglonema memiliki daun hijau dengan corak berwarna pink dan kuning yang menambahkan kecantikan tanaman hias ini. 

Selain itu, aglonema termasuk tanaman hias yang mudah ditanam dan dirawat. Namun, untuk menghasilkan tanaman aglonema yang cantik, perawatan harus dilakukan dengan benar.

Dilansir dari Panduan Teknik Budidaya Tanaman Hias Daun Seri 1 Aglaonema, Selasa (15/8/2023), berikut cara merawat tanaman aglonema agar tumbuh subur dan cantik.

Baca juga: Cara Merawat Aglonema pada Musim Hujan Agar Tidak Terkena Jamur

Melakukan pemupukan secara rutin

Ilustrasi tanaman hias aglonema siam aurora. SHUTTERSTOCK/NOYPB Ilustrasi tanaman hias aglonema siam aurora.

Pemupukan tanaman aglonema dilakukan setidaknya dua minggu sekali. Jenis pupuk yang diberikan adalah pupuk NPK sebanyak 0,25 sampai 0,5 gram per lubang pemupukan.

Cara pemupukannya cukup meletakkan pupuk pada lubang pemupukan di dua sisi yang berhadapan. Pemupukan berikutnya dilakukan pada dua sisi berhadapan yang berbeda.

Selain melalui lubang pemupukan, pupuk juga bisa diberikan dengan cara semprot. Aplikasi pupuk cair dilakukan dua hingga tiga minggu sekali. 

Baca juga: Ini Bahan dan Cara Meracik Media Tanam untuk Aglonema

Siram tanaman sesuai kebutuhan 

Selanjutnya, cara merawat tanaman aglonema adalah melakukan penyiraman yang disesuaikan dengan kebutuhan tanaman dan kondisi lingkungan.

Saat tidak turun hujan, penyiraman dilakukan tiga hingga empat hari sekali. Apabila tanaman ditempatkan dalam sungkup, penyiraman cukup dilakukan seminggu sekali pada sore atau malam hari.

Caranya, membuka sungkup, kemudian menyiramkan air ke tanaman, dan segera tutup kembali sungkup tersebut.

Baca juga: 3 Cara Merawat Aglonema Agar Rimbun dan Berdaun Besar

Melakukan sanitasi lingkungan

Ilustrasi tanaman hias Aglonema Silver Queen. SHUTTERSTOCK/LJA_LJA Ilustrasi tanaman hias Aglonema Silver Queen.

Tanaman aglonema harus dalam kondisi bersih agar bisa tumbuh subur. Maka itu, apabila ada kotoran di sekitar tanaman aglonema, segera membersihkannya agar tidak menjadi inang hama maupun penyakit.

Selain itu, bersihkan sampah hingga gulma yang tumbuh di sekitar tanaman aglonema, kemudian buang ke tempat sampah.

Penataan tanaman

Penataan bertujuan membuat tanaman aglonema berpenampilan menarik. Ada beberapa penataan tanaman aglonema yang perlu dilakukan seperti berikut: 

Baca juga: Cara Merawat Aglonema Tetap Tumbuh Subur walau Tanpa Akar 

  • Mengatur posisi tanaman

Jarak antarpot atau polybag perlu diatur sedemikian rupa agar tidak terlalu dekat, daun tanaman tidak saling bersentuhan, dan cahaya bisa diatur agar bisa diterima secara merata dari berbagai arah.

Penataan tanaman ini akan menghasilkan tanaman aglonema yang daunnya rimbun dan kompak. Selain itu, mengatur jarak tanam juga bisa membuat sirkulasi udara lebih lancar.

  • Jaga penampilan daun

Daya tarik tanaman aglonema ada pada daunnya. Maka itu, warna hingga corak daun harus dijaga dengan baik.

Lakukan pengaturan pencahayan dengan intensitas di atas 50 persen agar warna daun tanaman aglonema maksimal. Selain itu, daun aglonema juga perlu sering dilap agar mengkilap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com