Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat Aglonema Tetap Tumbuh Subur walau Tanpa Akar

Kompas.com - 01/11/2021, 17:16 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika merawat tanaman aglonema, ada beberapa permasalahan yang dihadapi, salah satunya aglonema mengalami patah "pinggang".

Patah pinggang merupakan istilah untuk tanaman aglonema yang mengalami patah pada bagian batang hingga akar sehingga aglonema tidak memiliki akar. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Tanaman Aglonema Cepat Bertunas

Aglonema yang patah ini mungkin disebabkan jamur atau bakteri yang sudah menginfeksi sekeliling batang aglonema tanpa disadari, yang akhirnya membuat batang aglonema patah.

Meski tidak memiliki akar, tanaman aglonema masih bisa tumbuh subur.

Dikutip dari kanal YouTube Tanamanhias Bunga85, Senin (1/11/2021), rahasia untuk membuat aglonema tetap bertahan, segar, dan tumbuh subur walau tanpa akar adalah  mengaplikasikan perangsang akar.

Baca juga: Bisakah Pupuk Micin Digunakan untuk Anakan Aglonema?

Kamu bisa menggunakan perangsang akar berupa rapid root atau perangsang akar lainnya. Caranya, cukup oleskan perangsang akar ke bagian ruas paling bawah dari batang aglonema yang patah.

Setelah diaplikasikan, perangsang akar akan bekerja untuk mempercepat pertumbuhan akar baru pada aglonema yang patah. 

Hal itu kemudian bisa membuat aglonema masih bisa menyerap nutrisi yang ada pada media tanam. Meski begitu, aglonema tanpa akar akan membutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk proses pemulihan. 

Baca juga: Cara Pakai Pupuk Micin untuk Aglonema dan Tanaman Hias Lainnya

Setelah melewati masa pemulihan, nantinya daun aglonema bisa tetap besar, cepat bertunas, bahkan tumbuh subur karena akar-akar barunya.

Selain itu, jangan lupakan perawatan aglonema dengan tepat dan benar, dari penggunaan media tanam, penyiraman, pemupukan, dan sebagainya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com